Sukses

Lima Kiat agar Merasa Segar saat Bangun Tidur

Sering merasa kurang segar saat bangun tidur, padahal sudah tidur 8 jam? Ikuti kiat ini untuk memperbaiki kualitas tidur.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian orang sulit merasa segar saat bangun tidur, meski sudah tidur dengan durasi cukup. Akibatnya mereka menjadi lelah dan tidak fokus sepanjang hari. Tentu hal ini dapat membuat stres, bukan?

Mendapatkan kualitas tidur yang baik tidak sesulit yang dibayangkan. Berikut beberapa kiat yang dapat Anda lakukan agar merasa segar saat bangun tidur:

  1. Hindari kafein, alkohol, dan nikotin

    Kafein merupakan kandungan yang terdapat pada kopi, yang berguna untuk menjaga Anda tetap terjaga. Jika ingin bangun tidur dalam keadaan segar, jauhi kafein, alkohol, nikotin antara 4–6 jam sebelum tidur.

  2. Ubah suasana kamar

    Lingkungan kamar tidur yang tenang dan sejuk dapat membantu Anda untuk tidur. Selain itu, jauhkan komputer, televisi, dan gadget seperti handphone dan tablet. Cara ini membantu memusatkan pikiran Anda pada tidur tanpa gangguan.

  3. Buat kebiasaan sebelum tidur

    Cobalah membuat kebiasaan rutin sebelum Anda tidur. Contohnya adalah mandi sebelum tidur (perubahan suhu tubuh dari tinggi ke rendah dapat membuat kantuk), membaca buku, atau bermeditasi.

  4. Matikan lampu tidur

    Ingin kualitas tidur baik dan segar saat bangun tidur? Matikan lampu kamar tidur Anda. Ya, penelitian menyebutkan bahwa tidur dalam ruangan gelap membuat tubuh melepaskan melatonin. Hormon ini dapat membuat Anda lebih cepat terlelap.

  5. Konsisten dalam waktu tidur

    Bangun tidur dan memulai tidur pada jam atau waktu yang sama setiap harinya dapat mengaktifkan “jam alami” tubuh. Karena itu, cobalah untuk tidur sedekat mungkin dengan jam tidur Anda setiap harinya. Lama-kelamaan tubuh akan terbiasa dengan jam tersebut, dan secara otomatis akan menyesuaikan diri untuk tidur dan bangun pada waktu tertentu.

Bagaimana? Setelah membaca lima kiat di atas, ternyata tidak sulit, bukan? Ingat, kualitas tidur yang baik tak hanya dapat membuat tubuh segar saat bangun tidur, tetapi juga mencegah tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan jantung.

baca artikel lengkapya di sini

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar