HomeGaya hidupDiet dan NutrisiPisang Makanan Terbaik untuk Diet?
Diet dan Nutrisi

Pisang Makanan Terbaik untuk Diet?

dr. Rio Aditya, 06 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pisang sering menjadi makanan pilihan para penggemar fitness karena dinilai sebagai makanan terbaik untuk diet. Benarkah demikian?

Pisang Makanan Terbaik untuk Diet?

Mengapa pisang dikatakan sebagai makanan terbaik untuk diet? Selain mengandung serat dan nutrisi yang tinggi, pisang mudah dicerna serta mengandung potasium yang tinggi.

Dalam 100 gram pisang mengandung 0,3 gram lemak total, 0 kolesterol, 1mg garam, sekitar 360 mg potasium, 2,6 gram serat harian, 12 gram gula, dan 1,1 gram protein. Selain itu, 1 buah pisang mengandung kalori sekitar 90 kalori.

Berikut penjelasan mengapa pisang merupakan makanan terbaik untuk diet:

1. Rendah Kalori

Pisang mengandung sekitar 90 kalori. Kalori ini sangat sedikit dibandingkan makanan lainnya seperti cokelat, minuman soda, ataupun makanan cepat saji.Selain rendah kalori, pisang membuat Anda mudah kenyang, sehingga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

2. Berserat Tinggi

Pisang mengandung serat, baik yang mudah larut dan sulit larut. Serat yang sulit larut akan lebih sulit untuk dicerna sehingga membuat kita kenyang lebih lama. Karena itu, mengonsumsi pisang untuk sarapan sangatlah baik.

3. Kaya Nutrisi

Pisang mengandung banyak sekali nutrisi seperti vitamin B2.B3 B6,B9 , vitamin C dan mineral seperti potasium, kalsium, mangan, magnesium, dan besi. Kandungan besi pada buah pisang dapat membantu melawan anemia.

4. Tinggi Potasium

Kandungan potasium yang tinggi di buah pisang membantu beberapa fungsi tubuh seperti, membantu menjaga irama jantung, tekanan darah, dan menjaga aktifitas otak agar tetap berjalan dengan baik.

Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi ketika melakukan diet dan harus mencari makanan ringan atau snack yang sehat. Buah pisang memenuhi seluruh kriteria untuk makanan yang tepat untuk diet. Tunggu apalagi, sertakan buah pisang dalam menu diet, ya.

[DA/ RVS]

pisangDiet

Konsultasi Dokter Terkait