Sukses

Waspadalah, Minuman Berenergi Bisa Bikin Sakit Hati

Bukannya menambah stamina, minuman energi justru bisa bikin sakit hati. Ini faktanya.

Klikdokter.com, Jakarta Hati-hati sakit hati. Itulah ungkapan yang harus Anda ingat dengan baik. Karena hati manusia mempunyai peran sebagai penyaring racun di dalam tubuh. Jika fungsi ini rusak, kejadian penyakit berbahaya sangat sulit dihindari.

Di antara sekian kondisi medis akibat rusaknya fungsi hati, hepatitis adalah salah satunya. Hepatitis merupakan suatu kondisi peradangan hati akibat racun, zat-zat kimia atau agen infeksi.

Diketahui bahwa kerusakan fungsi hati disebabkan oleh konsumsi alkohol, infeksi virus, dan obat-obatan golongan tertentu. Di samping itu, kondisi lain yang juga dapat merusak fungsi hati adalah sering mengonsumsi minuman berenergi.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, setiap botol minuman berenergi untuk pria mengandung 40 mg niasin, atau 200% dari nilai harian yang disarankan.

Penelitian mencatat, beberapa minuman energi juga mengandung kadar B6 atau B12 yang tinggi. Maka jika Anda minum lebih dari satu minuman berenergi Anda akan mendapat asupan ribuan kali kebutuhan vitamin B harian. Bukannya baik, ini justru meningkatkan kadar racun yang harus disaring oleh hati.

Tidak dimungkiri, masih banyak orang yang menganggap bahwa minuman berenergi tidak berbahaya. Padahal, minuman jenis ini bisa menyebabkan overdosis vitamin, yang bisa berdampak pada sakit hati, ataupun kondisi berbahaya lainnya.

Dari semua kasus gagal hati akut yang dilaporkan setiap tahun di Amerika Serikat, hampir setengahnya disebabkan oleh luka hati akibat obat. Daftar obat tersebut mencakup beberapa suplemen diet, yang kandungannya ditemukan juga pada minuman berenergi.

Melihat dampaknya, mulai saat ini sebaiknya Anda mengurangi asupan minuman berenergi. Akan lebih baik jika Anda bisa menghindarinya sama sekali. Dengan begitu, sakit hati tidak akan datang menghampiri, Anda pun akan terus bahagia sampai tua nanti.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar