Sukses

Khasiat Ajaib Lidah Buaya untuk Kesehatan Rongga Mulut

Ingin menjaga kesehatan rongga mulut dengan bahan tradisional alami? Coba, deh, tanaman lidah buaya yang memiliki banyak kandungan nutrisi.

Lidah buaya, atau aloe vera, termasuk ke dalam tanaman yang mudah ditemukan dan sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk untuk menjaga kesehatan rongga mulut.

Manfaat lidah buaya untuk mulut diperoleh dari kandungan lidah buaya yang beragam, seperti asam salisilat, komponen lignin, saponin, dan anthraquinone.

Pengolahan lidah buaya yang biasanya dilakukan ialah dengan cara dijus. Selain itu, tanaman ini dapat dikonsumsi dalam bentuk es lidah buaya atau diproses ke dalam bentuk gel dan obat kumur.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan mulut:

1 dari 5 halaman

1. Mencegah Terjadinya Karies

Menurut Odonto Dental Journal, berkumur dengan jus lidah buaya selama tujuh hari dapat menurunkan jumlah bakteri S. mutans, yakni penyebab karies gigi.

Ini bisa menjadi alternatif yang baik untuk mouthwash dengan kandungan chlorhexidine yang rasanya kurang enak, terutama bagi anak-anak.

Cara pengolahannya sangat mudah. Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Kupas kulit dan duri lidah buaya.
  • Bersihkan getahnya.
  • Haluskan dengan blender.
  • Kumur sebanyak 10 ml selama 30 detik.

Berkumur menggunakan jus lidah buaya dapat dilakukan setelah sarapan dan sebelum tidur selama tujuh hari.

Artikel Lainnya: 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

2. Mengatasi Mulut Kering

Jus lidah buaya ampuh menanggulangi masalah mulut kering. Untuk memperoleh manfaatnya, Anda perlu mengonsumsi minuman sehat ini secara rutin selama enam bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2 dari 5 halaman

3. Menyembuhkan Radang Gusi

Menurut Journal of Pharmacy & Bioallied Sciences, berkumur dengan mouthwash dengan kandungan lidah buaya dapat mengurangi radang gusi.

Namun, mouthwash aloe vera tidak dapat digunakan sendiri, tetapi harus digunakan sebagai terapi penunjang tindakan scaling pada kasus radang gusi. Selain itu, radang gusi juga dapat disembuhkan dengan air rebusan lidah buaya.

Pada kasus radang gusi yang kronis, berkumur menggunakan bahan yang alami—seperti air rebusan lidah buaya—sangat dianjurkan. Sebab, penggunaan produk obat kumur dalam jangka panjang dapat membuat flora normal mulut mati.

Artikel Lainnya: Manfaat Lidah Buaya untuk Mengatasi Jerawat

4. Menangani Sariawan

Konsumsi jus lidah buaya dapat mencegah sariawan. Tidak sampai di situ, manfaat lidah buaya untuk mulut juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Lidah buaya dapat membantu mengurangi rasa pedih dan membantu proses penyembuhan luka.

Khasiat ini diperoleh dari berbagai zat yang terkandung dalam lidah buaya, seperti anthraquinone, yang berfungsi sebagai zat antiinflamasi, antibakteri, antijamur, dan juga untuk regenerasi sel.

Caranya mudah, yakni dengan mengoleskan gel lidah buaya pada area sariawan sebanyak tiga kali sehari. Lakukan ini sampai sariawan sembuh.

3 dari 5 halaman

5. Mengurangi Peradangan pada Pasien Implan Gigi

Manfaat lidah buaya lainnya untuk rongga mulut adalah mampu melawan bakteri. Lidah buaya yang telah diproses ke dalam bentuk gel efektif untuk melawan bakteri penyebab radang di sekitar implan gigi.

Selain itu, gel lidah buaya juga terdapat dalam bentuk pasta gigi. Sifatnya yang tidak abrasif cocok untuk pemilik gigi sensitif dan juga mampu melawan bakteri penyebab gigi berlubang.

Artikel Lainnya: 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut si Kecil

6. Mengobati Luka di Rongga Mulut Akibat Gigi Palsu

Gigi palsu yang kurang baik, misalnya memiliki tepi yang tajam atau terlalu cekat, berisiko untuk menyebabkan luka di rongga mulut hingga memicu peradangan. Kondisi ini dapat diatasi oleh gel lidah buaya.

Pasalnya, terdapat kandungan lidah buaya yang memiliki sifat antijamur dan juga antibakteri. Jadi, dengan mengoleskan gel lidah buaya, peradangan dari luka tersebut dapat reda dan tidak bertambah parah.

4 dari 5 halaman

7. Meredakan Gejala di Rongga Mulut Akibat Radiasi

Pada pasien kanker kepala dan leher yang menjalani terapi radiasi, biasanya terdapat gejala mukositis atau peradangan di dalam rongga mulutnya. Dengan berkumur menggunakan mouthwash yang mengandung lidah buaya, proses penyembuhan dapat dipercepat.

Selain itu, penggunaan obat kumur yang mengandung lidah buaya juga dapat mengurangi tumbuhnya jamur karena memiliki sifat antijamur dan mampu mengatur sistem imun tubuh.

Jadi, obat kumur yang mengandung lidah buaya dapat menjadi alternatif untuk merawat peradangan di rongga mulut dan infeksi jamur pada pasien kanker kepala dan leher.

Selain menjaga kesehatan rongga mulut, lidah buaya juga dapat mengatasi berbagai kondisi, mulai dari luka bakar, jerawat, diabetes, hingga konstipasi

Setelah mengetahui manfaat lidah buaya untuk kesehatan mulut, Anda mungkin sudah tidak sabar untuk mencobanya, ya? Namun, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat tradisional. Informasi menarik seputar kesehatan gigi dan mulut lainnya bisa diperoleh di aplikasi KlikDokter, ya!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar