Sukses

Kendalikan Hipertensi dengan Olahraga Secara Teratur

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa dicegah dengan olahraga secara rutin dan teratur.

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit hipertensi atau biasa disebut tekanan darah tinggi adalah faktor utama stroke dan serangan jantung. Penyakit ini merupakan suatu keadaan tanpa gejala, dimana seseorang memiliki tekanan darah di atas normal.

Sejumlah peneliti di Pusat Penelitian Biomedis Pennington di Baton Rouge, Louisiana, mempelajari sekitar 400 wanita berusia antara 45-75 tahun. Semua wanita tersebut memiliki berat badan berlebih, dan tekanan darah tinggi.

Dalam percobaannya, para peneliti membagi wanita tersebut menjadi empat kelompok. Tiga di antaranya berolahraga dengan intensitas dan jangka waktu yang berbeda. Sementara kelompok satunya tidak beraktivitas sama sekali.

Enam bulan kemudian, kelompok wanita yang aktif ditemukan memiliki tekanan darah yang lebih baik. Meski tidak mengalami penurunan berat badan yang berarti, sejumlah wanita ini merasakan perbaikan kesehatan pembuluh darah yang signifikan.

Terkait itu, Ahli Fisiologis, Bridget Berran Burke, di Rehabilitation Hospital and the Smart Fitness Center mengungkapkan bahwa olahraga mampu mengurangi kadar stres seseorang. Dengan stres yang berkurang, maka kesehatan pembuluh darah juga lebih terjaga.

Atas alasan tersebut, bagi Anda yang ingin mengendalikan tekanan darah dan mencegah hipertensi, Anda disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin dan teratur.

Salah satu olahraga terbaik dan termudah yang bisa dijadikan pilihan adalah berjalan. Anda bisa berjalan di mana saja, dan tidak memerlukan peralatan apa pun selain sepasang sepatu.

Sebelum berjalan atau melakukan olahraga lainnya, jangan lupa untuk pemanasan terlebih dahulu. Hindari pula berolahraga dengan durasi yang terlalu lama dalam satu waktu. Akan lebih baik jika Anda melakukannya secara bertahap dan teratur, dari waktu ke waktu.

Jika dirasa sangat sibuk, Anda bisa menyelipkan olahraga dalam aktivitas hari-hari. Berikut contohnya:

  • Parkir sedikit lebih jauh dari pintu masuk. Dengan begini, Anda akan berjalan sedikit lebih jauh untuk mencapai pintu masuk
  • Mengutamakan naik tangga daripada menggunakan lift
  • Mencuci pakaian dalam jumlah yang banyak dalam sekali waktu
  • Membawa banyak belanjaan dalam satu paket sekaligus

Lakukanlah olahraga di atas dengan rutin dan teratur, agar kesehatan pembuluh darah Anda tetap terjaga. Dengan demikian, tekanan darah menjadi lebih terkendali, dan hipertensi tidak datang menghampiri.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar