Sukses

Cara Membersihkan Karang Gigi di Rumah

Bagi Anda yang sibuk, membersihkan karang gigi di rumah tentu lebih praktis daripada ke dokter gigi. Tapi, bagaimana caranya?

Klikdokter.com, Jakarta Kapan terakhir kali Anda membersihkan karang gigi di dokter gigi? Mungkin sudah setahun yang lalu, atau malah sudah tak ingat lagi saking lamanya?

Bagi Anda yang sibuk, barangkali ingin membersihkan karang gigi di rumah saja. Tak perlu repot-repot ke klinik. Tapi, apakah bisa? Sebelum mengetahui jawabannya, sebaiknya kenali dulu apa itu plak gigi dan karang gigi.

Karang gigi diawali oleh terbentuknya lapisan biofilm, yakni lapisan tipis transparan yang normal terbentuk segera setelah menyikat gigi. Lapisan ini menjadi tempat favorit kuman untuk berkembang biak.

Sedangkan, lapisan biofilm yang sudah penuh kuman disebut plak gigi. Dalam tahap ini, plak gigi masih dapat dibersihkan dengan peralatan gigi di rumah. Alat yang digunakan antara lain sikat gigi berbulu lembut, sikat interdental, benang gigi, tusuk gigi, dan lain-lain.

Tapi, jangan sepelekan aktivitas sikat gigi ini. Banyak orang tidak tahu cara menyikat gigi yang benar, meski melakukannya setiap hari.

Menurut sebuah studi, di negara berkembang, rata-rata orang menyikat gigi kurang dari satu menit. Bahkan, kadang orang melakukannya hanya agar napas segar, bukan untuk menghilangkan plak gigi (yang merupakan prioritas utama).

Padahal, agar gigi bersih secara optimal, menyikat gigi seharusnya dilakukan selama dua menit. Metodenya juga harus diperhatikan dengan baik.

Metode Bass telah terbukti sebagai metode menyikat gigi yang paling optimal dalam menghilangkan plak gigi. Caranya, arahkan bulu sikat gigi 45 derajat agar lebih menjangkau daerah di bawah gusi.

Jika bagian itu tidak disikat, gusi dapat meradang dan membesar sehingga terbentuklah saku gusi—tempat yang nyaman bagi bakteri untuk berkembang.

Jadi, apakah karang gigi bisa dibersihkan di rumah? Jawabannya ‘tidak’.

Jika plak sudah menjadi karang gigi, Anda tidak dapat membersihkannya dengan peralatan di rumah. Perlu ditambah prosedur scaling dan root planing, yang hanya ada pada dokter gigi. Semoga informasi ini membantu!

[RS/ RH]

1 Komentar

  • Rahmat Kenji

    harusnya judulnya "cara membersihkan Plak gigi di rumah", bukan "cara membersihkan karang gigi dirumah" karena ternyata ujung ujungnya Karang gigi hanya bisa di hilangkan di dokter gigi hhehehe