Sukses

Sebelum Konsumsi Minuman Bersoda, Perhatikan Hal Ini!

Minuman bersoda dapat merusak gigi jika tidak hati-hati mengonsumsinya.

Klikdokter.com, Jakarta Gemar minuman bersoda yang manis? Coba periksa gigi-gigi Anda di depan kaca. Tanpa disadari, minuman kesukaan Anda ini bisa bikin gigi keropos, lho!

Ya, minuman bersoda dengan rasa jeruk, lemon, cranberry, dan lainnya memang terlihat menyegarkan. Tapi siapa sangka, diam-diam minuman ini bisa merusak lapisan email gigi. Komposisi di dalamnya, seperti gula dan asam tinggi, adalah yang paling bertanggung jawab.

Kandungan gula yang membasahi permukaan gigi akan mudah menempel dan memulai kerusakan. Sedangkan, asam membuat lapisan email gigi menjadi lunak.

Semakin lama gigi terpapar dengan minuman bersoda, maka lapisan email yang melunak semakin tebal. Begitu juga dengan lapisan yang terkikis, akan menjadi semakin banyak.

Tapi jangan khawatir, lapisan email yang melunak dapat mengeras kembali. Karena itu, setelah mengonsumsi minuman bersoda, disarankan untuk tidak langsung menyikat gigi minimal satu jam.

Jika Anda langsung menyikat gigi, email yang lunak akan lebih mudah terkikis. Akibatnya, gigi mulai mengeropos dan terbentuklah lubang gigi.

Studi kasus menunjukkan, orang yang mengonsumsi minuman bersoda 1.5 liter per hari mengalami gigi berlubang yang terdapat pada permukaan luar giginya. Ini dikarenakan mereka sering menahan minuman di dalam mulut sebelum menelannya.

Anehnya, mereka tidak merasa giginya ngilu terhadap rasa dingin dan saat mengunyah. Biasanya baru terasa sakit saat lubang gigi dibersihkan oleh dokter gigi.

Hal tersebut memperlihatkan, kerusakan gigi akibat minuman bersoda sulit terdeteksi dari awal. Oleh sebab itu, agar tidak ‘kecolongan’, perhatikan baik-baik cara pencegahannya.

Batasilah konsumsi minuman bersoda dan sikat gigi dengan pasta gigi ber-flouride satu jam setelahnya. Pilih minuman bersoda dengan kadar rendah serta perbaiki konsumsi air putih harian. Dengan cara-cara ini, Anda tetap bisa menikmati minuman bersoda tanpa takut gigi rusak!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar