Sukses

Selain Lari, Ini 3 Olahraga Kardio yang Efektif Bakar Kalori

Bosan olahraga lari? Tenang, olahraga kardio ini juga efektif bakar kalori!

Klikdokter.com, Jakarta Lari atau jogging merupakan olahraga kardio yang sering dijadikan pilihan utama untuk membakar kalori dalam tubuh. Selain mudah dan murah, berlari selama 1 jam juga bisa membakar sekitar 230-470 kilo kalori.

Tapi, jika Anda merasa bosan dengan lari, berikut pilihan olahraga kardio lain yang bisa Anda coba:

  1. Muay Thai

    Muay Thai adalah jenis bela diri yang berasal dari Thailand. Beberapa tahun terakhir, jenis bela diri ini sangat populer di Indonesia, terutama di kalangan anak muda.

    Muay Thai melibatkan banyak anggota tubuh, seperti lengan, sikut, lutut, dan kaki. Ini karena gerakannya melibatkan pukulan, tendangan, dan bantingan.

    Faktanya, 20 menit latihan Muay Thai mampu membakar sekitar 250 kalori. Apabila dihitung, dalam 60 menit sesi latihan Muay Thai dapat membakar sekitar 750 kalori.

    Selain membakar banyak kalori, Muay Thai juga memberikan manfaat sebagai ilmu pertahanan diri, meningkatkan kesehatan jantung dan pernapasan, serta membentuk otot.

  2. Plyometric

    Plyometric suatu metode membakar kalori dengan melakukan gerakan yang eksplosif seperti melompat, burpees atau box jump. Tujuannya adalah untuk mengontraksikan serat otot sebanyak mungkin dalam waktu singkat.

    Karena menggunakan tubuh sebagai beban utama, orang dengan berat badan berlebih dapat membakar lebih banyak kalori. Misalnya, orang dengan berat badan 60 kg melakukan lompat tali selama 1 jam, maka kalori yang akan terbakar adalah sekitar 600 kalori.

  3. Bersepeda

    Bersepeda melibatkan otot yang sama dengan berlari. Namun pada olahraga ini, beban yang akan ditanggung sendi menjadi lebih sedikit.

    Bersepeda dengan intensitas sedang dalam 1 jam dapat membakar sekitar 600 kalori. Namun perlu diingat bahwa kalori yang terbakar bergantung pada intensitas dan durasi bersepeda yang Anda lakukan.

Sekarang Anda sudah tahu bahwa olahraga kardio tidak hanya lari saja. Jadi, mana yang jadi favorit Anda? Baca juga di sini, dan lakukan olahraga secara rutin dan teratur, ya!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar