Sukses

Merebus Sayuran Terlalu Lama Berbahaya Bagi Tubuh?

Tahukah Anda bahwa merebus sayuran terlalu lama dapat berbahaya bagi tubuh?

Klikdokter.com, Jakarta Memasak makanan terutama sayuran adalah salah satu hal yang penting dalam diet. Namun jika Anda merebus atau memasaknya terlalu lama, sayuran bisa kehilangan beberapa kandungan di dalamnya.

Menurut studi yang dipublikasikan oleh The British Journal of Nutrition tahun 2009, responden yang mengonsumsi sayuran mentah saja, memiliki tingkat antioksidan lycopene yang lebih rendah.

Studi lain yang dilakukan Journal of Agriculture and Food Chemistry menemukan bahwa dengan memasak justru meningkatkan jumlah antioksidan pada sayuran tertentu seperti tomat. Memasak wortel, bayam, jamur, asparagus, kol, dan sayuran lainnya dapat memberikan antioksidan lebih seperti carotenoid dan asam ferulik.

Namun, sisi negatif yang diperoleh dari memasak sayuran - terutama merebus, - dapat menghancurkan sebagian kandungan vitamin C. Pasalnya, vitamin c sendiri mudah larut dalam air. Selain itu, kandungan vitamin C pada tomat dapat menurun hingga 10% ketika di masak selama 2 menit, dan 29% selama 30 menit.

Metode memasak sayuran

Menurut studi di Cina tahun 2009, jika dibandingkan 5 metode memasak sayuran dengan cara merebus, microwave, goreng, dan steam (kukus), menunjukkan bahwa memasak dengan cara mengukus merupakan metode terbaik untuk menjaga kandungan nutrisi di dalam sayuran.

Metode kedua yang disarankan adalah menggunakan microwave. Dengan cara ini kandungan vitamin C dan nutrisi lainnya lebih sedikit terbuang.

Nah, agar kandungan nutrisi di dalam sayuran tidak berkurang atau berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda, pilihlah metode memasak yang tepat. Selain itu, Anda juga bisa membacanya di sini.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar