Sukses

Inilah Barang Sehari-hari yang Bisa Jadi Sarang Kuman

Tahukah Anda, kuman tak hanya ada di toilet rumah? Barang yang Anda gunakan sehari-hari pun ternyata penuh kuman!

Jika mendengar kata kuman, Anda pasti langsung terpikirkan benda-benda kotor, seperti toilet, lumpur, kebun, dan lain-lain. Namun ternyata, benda yang Anda gunakan sehari-hari yang terlihat bersih sekalipun bisa jadi sarang kuman. Wah, kok bisa, ya?

Kuman-kuman seperti E.coli, hepatitis A, kuman penyebab batuk pilek, dan lainnya gemar dengan tempat-tempat yang lembap dan kotor. Nah, benda sehari-hari yang digunakan ternyata bisa lebih kotor daripada toilet, lho.

Berikut ini beberapa benda yang sering digunakan dan dapat menjadi sarang kuman:

1 dari 5 halaman

1. Ponsel

Salah satu benda sehari-hari yang digunakan setiap saat dan menjadi ‘surganya’ kuman adalah ponsel.

Sebuah studi di Inggris tahun 2013 menunjukkan, kuman pada ponsel lebih banyak ketimbang dudukan toilet. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya bersihkan layar ponsel Anda secara rutin dan jangan bawa ponsel Anda ke dalam toilet.

Artikel Lainnya: Hindari Membawa HP ke Kamar Mandi, Ini Alasannya

2. Keyboard Komputer

Keyboard yang Anda kerap gunakan untuk bekerja ataupun mengerjakan tugas dapat menjadi benda berkuman. Berdasarkan penelitian, keyboard komputer Anda menjadi sarang kuman lima kali lebih banyak dari dudukan toilet.

Solusinya adalah hindari makan sambil bekerja agar remahan makanan Anda tidak menempel di keyboard. Jangan lupa juga bersihkan permukaan keyboard Anda secara rutin.

3. Mesin ATM

Dari hasil studi terkini ditemukan bahwa ATM merupakan benda kotor yang banyak mengandung kuman bacillus dan pseudomonas yang dapat menyebabkan diare. Kedua bakteri ini juga dijumpai di toilet umum.

Jadi, bayangkan bahwa setiap kali Anda menekan tombol di mesin ATM, Anda seperti sedang memegang bagian toilet!

2 dari 5 halaman

4. Uang

Uang—baik uang kertas atau uang koin—setiap saat berpindah dari 1 orang ke orang lain sehingga dapat menjadi sarang kuman. Sudah bisa dibayangkan berapa banyak kuman yang menempel pada tiap lembar atau koinnya?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh New York University, setiap lembar uang kertas memiliki lebih dari 3000 jenis bakteri di permukaannya, lho!

Artikel Lainnya: Bisa Jadi Sarang Kuman, Cek Kebersihan 11 Benda yang Ada di Kamar Tidur Ini

5. Troli Supermarket

Tahukah Anda bahwa pegangan troli supermarket adalah sarang kuman E.Coli penyebab diare? Ini karena di supermarket, orang cenderung sering memegang produk makanan mentah.

Penelitian di University of Arizona menemukan bahwa troli supermarket mengandung bakteri lebih banyak dibandingkan toilet umum, telepon, dan pegangan eskalator.

6. Buku Menu Restoran

Buku menu restoran sudah dipegang oleh banyak pengunjung lain dan tentu tidak pernah dibersihkan sehingga bisa menjadi sarang kuman. Setelah diteliti, ternyata terdapat sekitar 185.000 bakteri/cm2 pada tiap menu restoran!

3 dari 5 halaman

7. Tombol Lift

Pengguna lift pastinya selalu ada setiap harinya. Tak bisa dibayangkan berapa banyak orang yang sudah menekan tombol naik maupun turun dalam satu hari? Berapa banyak yang menekan tombol lobi dalam satu hari?

Nah, Anda bisa mengakalinya dengan menekan tombol menggunakan siku, atau segera menggunakan hand sanitizer setelah menekan tombol.

Artikel Lainnya: 8 Benda dan Area Paling Banyak Kuman di Restoran

8. Gagang Pintu

Benda kotor yang kita gunakan sehari-hari lainnya adalah gagang pintu. Semakin banyak orang yang menggunakan gagang pintu yang sama, semakin bervariasi kuman yang menempel dan dapat berpindah dari satu orang ke orang lain.

Oleh sebab itu, gagang pintu di kantor maupun di rumah sebaiknya dibersihkan secara berkala demi menghindari banyaknya kuman yang menempel.

9. Sikat Gigi

Sebanyak lebih dari 700 jenis bakteri ada pada mulut Anda. Bisa Anda bayangkan berapa banyak kuman yang menempel pada sikat gigi yang Anda gunakan? Oleh karena itu, sikat gigi Anda sebaiknya diganti jika sudah lama digunakan.

American Dental Association merekomendasikan untuk mengganti sikat gigi setiap tiga sampai empat bulan sekali.

4 dari 5 halaman

10. Karpet

Seberapa sering Anda mencuci karpet di rumah Anda? Walaupun dibersihkan dengan vacuum cleaner, karpet tetap dapat menjadi sarang kuman.

Perlu Anda ketahui, terdapat sekitar 200.000 bakteri/cm2 karpet rumahan. Jumlah ini ternyata 4.000 kali lipat lebih banyak ketimbang dudukan toilet.

Ternyata banyak sekali benda sehari-hari yang bisa menjadi sarang kuman. Benda-benda di atas pastinya susah dihindari penggunaannya dalam beraktivitas.

Kuncinya adalah tetap menjaga kebersihan dengan mencuci tangan setiap selesai menggunakan barang-barang tersebut.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar