Sukses

Kiat agar Tidak Ngemil Tengah Malam

Salah satu musuh utama saat diet adalah ngemil tengah malam. Untuk menghindarinya Anda bisa ikuti kiat berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Ngemil tengah malam kadang tak dapat dihindari. Namun, jika Anda terus-menerus melakukannya, apalagi saat Anda sedang diet, angka di timbangan pasti akan cepat naik.

Nah agar Anda tidak tergoda untuk ngemil tidak sehat saat tengah malam, berikut beberapa triknya:

Tidur

Tetap terjaga saat Anda seharusnya sudah tidur, bisa membangkitkan keinginan untuk ngemil. Jika Anda tidur lebih cepat, tentu saja Anda tak lagi merasakan lapar. Jadi, bila tidak perlu dan tidak penting, hindari begadang dan tidur terlalu larut malam.

Ubah kebiasaan

Kapan Anda paling sering ngemil di malam hari? Apakah saat menonton TV atau menyelesaikan pekerjaan? Ubah kebiasaan tersebut dan tanamkan sugesti bahwa Anda tidak butuh ngemil saat melakukan aktivitas tersebut. Misalnya, jika Anda sedang bosan bekerja dan butuh terjaga, berjalan-jalanlah sejenak ketimbang ngemil.

Perhatikan menu makan malam

Coba perhatikan menu makan malam Anda. Apakah Anda sudah puas dengan menu tersebut? Jika terbiasa mencari camilan gurih dan renyah, Anda bisa memasukkan salad dengan sayuran yang renyah sebagai menu makan malam.

Anda gemar camilan yang hangat? Cobalah makan sup sewaktu makan malam. Jika perut Anda sudah terpuaskan sewaktu makan malam, keinginan ngemil tengah malam tentu akan berkurang.

Minum teh hangat

Ketika sedang ingin ngemil, buatlah segelas teh hangat dengan aroma kesukaan Anda. Ritual minum teh ini akan membuat Anda tenang dan nyaman. Selain itu, Anda akan tidur lebih nyenyak dan tentu saja melupakan keinginan untuk ngemil tengah malam!

Benahi lemari dapur

Anda tidak akan mengudap jika tidak ada camilan. Oleh karenanya singkirkan camilan tidak sehat dari kulkas dan dapur Anda. Sebaliknya, simpanlah camilan yang lebih sehat, seperti sayur, buah, atau yoghurt rendah lemak.

Jadi, saat keinginan ngemil datang dan tak tertahankan, Anda pun akan memakan camilan yang bergizi tersebut.

Cobalah lakukan kiat di atas saat keinginan ngemil tengah malam datang. Perhatikan sinyal dari tubuh Anda, apakah memang betul lapar atau sekadar lapar mata. Agar program diet Anda makin sukses dan terhindar dari ngemil tengah malam, baca selengkapnya di sini.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar