Sukses

Kolesterol Total Normal, Risiko Penyakit Jantung Hilang?

Kolesterol tinggi sering dikaitkan dengan penyakit jantung. Benarkah risiko penyakit jantung hilang jika kolesterol total normal?

Klikdokter.com, Jakarta Ada banyak faktor yang memengaruhi risiko terjadinya penyakit jantung. Faktor yang tidak dapat diubah meliputi jenis kelamin (pria lebih berisiko daripada wanita), usia, dan riwayat keluarga dengan penyakit jantung.

Faktor lain yang turut memicu penyakit jantung yaitu faktor yang dapat diubah seperti kebiasaan merokok, malas berolahraga, obesitas, dan beberapa penyakit lainnya yaitu tekanan darah, gula darah tinggi dan kolesterol.

Kolesterol adalah zat berlemak seperti lilin yang ditemukan di semua sel tubuh. Sebenarnya kolesterol juga dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hormon, vitamin D, dan sebagainya.

Terdapat dua macam kolesterol pada tubuh yaitu HDL (high density lipoprotein) dan LDL (low density lipoprotein).

HDL adalah kolesterol baik yang membawa kolesterol dari tubuh ke hati untuk dieliminasi oleh tubuh. HDL melindungi seseorang dari penyakit jantung. Sedangkan LDL adalah kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penumpukan kolesterol di pembuluh darah, termasuk jantung.

Orang dengan kadar kolesterol tinggi memiliki risiko dua kali lipat terkena penyakit jantung. Walaupun total kolesterol darah normal, Anda tetap memiliki risiko jantung jika kadar LDL darah tinggi dan kadar HDL rendah.

Total kolesterol dapat diturunkan dengan diet rendah kolesterol, serta lemak jenuh dan lemak trans. Olahraga secara teratur juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Kolesterol hanyalah salah satu faktor risiko dari penyakit jantung. Jika kolesterol total normal, Anda belum tentu terhindar dari penyakit mematikan tersebut. Namun, Anda tentu tidak mau meninggal akibat sakit jantung, bukan? Jadi, mulai sekarang, yuk, mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur, berhenti merokok, serta menghindari stres.

[BA/ RVS]

1 Komentar