Sukses

Bahaya Obat Nyamuk Semprot bagi Bayi

Obat nyamuk semprot masih menjadi pilihan populer untuk mengusir nyamuk. Namun, faktanya obat nyamuk jenis semprot bisa berbahaya bagi kesehatan bayi.

Obat nyamuk semprot masih menjadi salah satu produk rumah tangga yang umum digunakan di Indonesia. Seperti yang kita tahu, negara tropis menjadi sarang yang nyaman bagi berbagai jenis nyamuk untuk hidup dan berkembang biak. Namun, tahukah Anda bahwa ada bahaya obat nyamuk semprot pada bayi?

Jenis obat nyamuk semprot mengandung bahan kimia yang ketika digunakan di ruangan dapat bertahan di udara dalam bentuk aerosol (percikan cairan). Hal ini dapat terhirup dan menjadi racun karena organ-organ bayi yang belum matang untuk mengeluarkan racun. Berikut ini adalah bahaya obat nyamuk semprot pada bayi:

1. Gangguan Sistem Saraf

Salah satu kandungan dari obat nyamuk semprot adalah DEET (N,N-diethyl-meta-toluamide) dan piretrin. Keduanya adalah zat kimia yang menyebabkan efek tertentu pada tubuh. 

Keracunan zat kimia tersebut ketika terhirup oleh bayi dapat mengganggu seluruh sistem saraf, khususnya sistem autonom yang bekerja mengatur pupil mata, pompa jantung, pembuluh darah, kelenjar, dan otot polos di sistem pernapasan. Oleh karena itu, jangan sepelekan bahaya obat nyamuk semprot pada bayi. 

Artikel Lainnya: Kena Obat Nyamuk Semprot, Ini Pertolongan Pertamanya

2. Gangguan Pernapasan

Masuknya zat kimia ke saluran pernapasan tentunya menyebabkan iritasi sehingga membuat bayi batuk dan sesak. 

Efek yang lebih parah adalah bisa menyebabkan saluran napas bayi menjadi sempit dan sesak berat, hingga dapat mengakibatkan kematian.

3. Alergi dan Iritasi

Salah satu efek obat nyamuk semprot pada bayi adalah terpaparnya permukaan luar tubuh, yaitu kulit dan selaput mukosa. Alhasil, bayi dapat mengalami alergi dan iritasi akibat kandungan kimia pada obat tersebut. 

Jika masuk melalui mulut, maka bayi bisa mengalami mual dan muntah. Selain itu, jika terpapar pada mata bisa mengalami iritasi dan kemerahan.

Artikel Lainnya: Anak Aman dari Gangguan Pernapasan Saat Normal Baru, Ini Tipsnya

1 dari 2 halaman

Cara Aman Lindungi Bayi dari Nyamuk

Sekarang Anda sudah tahu, kan, bahaya obat nyamuk semprot pada bayi? 

Memang obat nyamuk semprot menjadi salah satu cara yang praktis dan sering digunakan. Namun, jika Anda memiliki bayi di rumah, sebaiknya penggunaannya dihindari untuk mencegah efek yang tidak diinginkan. 

Ada beberapa cara yang lebih aman untuk melindungi bayi Anda dari nyamuk, seperti berikut ini:

  • Memakaian bayi baju dan celana panjang
  • Memasang kelambu untuk ranjang bayi
  • Menggunakan obat nyamuk krim oles
  • Menggunakan raket listrik
  • Menjaga lingkungan bersih dengan 3M (menguras, menutup, mengubur)
  • Memelihara tanaman pengusir nyamuk (serai, lavender, geranium, dan sebagainya)

Demikianlah bahaya obat nyamuk semprot pada bayi, yang harus diketahui oleh setiap orang tua. Obat nyamuk semprot bisa memicu gangguan pernapasan hingga alergi dan iritasi pada bayi. Karena itu, orang tua disarankan untuk memilih cara yang lebih aman guna melindungi bayi dari gigitan nyamuk. 

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar topik ini, silakan bertanya kepada dokter lewat fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Salam sehat!

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar