Sukses

Kolesterol Tinggi Mengganggu Kenikmatan Seks, Benarkah?

Jaga kadar kolesterol tetap normal, sebab kolesterol tinggi bisa mengganggu kenikmatan seks Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Anda pasti sudah tahu bahwa kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu berbagai penyakit berbahaya di kemudian hari, seperti serangan jantung dan stroke. Di samping itu, ternyata kolesterol tinggi juga dapat memengaruhi kenikmatan seks Anda.

Hal ini terjadi karena kolesterol akan menumpuk dan membentuk plak atau gumpalan dalam pembuluh darah yang disebut sebagai aterosklerosis. Tumpukan kolesterol tersebut dapat menghambat aliran darah.

Kondisi ini terjadi di semua pembuluh darah, termasuk di daerah organ intim. Bila terjadi di pembuluh darah penis, maka akan menyebabkan penis sulit mencapai dan mempertahankan ereksi saat berhubungan seks atau yang disebut dengan disfungsi ereksi.

Berbagai penelitian telah membuktikan hal tersebut. Tingginya kadar kolesterol total dan lemak jahat dalam tubuh telah terbukti menjadi faktor risiko utama terjadinya disfungsi ereksi dan gangguan seksual pada pria. Pemberian obat anti kolesterol pada penderita kolesterol tinggi terbukti turut membantu memperbaiki kondisi disfungsi ereksi.

Tak hanya pada pria, kolesterol juga berdampak pada kehidupan seksual wanita. Tumpukan kolesterol pada pembuluh darah di area kewanitaan dapat menurunkan produksi cairan vagina, sehingga memengaruhi lubrikasi vagina.

Hal tersebut menyebabkan wanita merasa sulit untuk mencapai klimaks atau orgasme, karena vagina terasa kering dan nyeri saat hubungan seksual.

Kondisi-kondisi tersebut tentu menimbulkan kecemasan. Anda dan pasangan pun akan sulit mendapatkan kenikmatan seks. Agar tidak mengalami kolesterol tinggi, Anda dan pasangan perlu menghindari makanan yang tinggi kolesterol. Konsumsilah banyak buah dan sayur, dan berolahraga secara teratur. Bila perlu, periksa kadar kolesterol secara rutin.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar