Sukses

Floating Yoga, Bukan Sebatas Jungkir Balik

Tak sekadar jungkir balik menggunakan kain, floating yoga adalah salah satu jenis yoga yang punya beragam manfaat sehat untuk tubuh.

Yoga termasuk jenis olahraga yang banyak digemari. Salah satu jenis yoga yang dapat Anda coba adalah floating yoga atau aerial yoga. Floating yoga dilakukan dengan menggunakan bantuan kain gantung.

Dengan bantuan kain gantung, seseorang akan lebih mudah melakukan beberapa pose yoga yang sulit dilakukan saat berpijak pada matras di atas lantai.

Tak sekadar menggantung menggunakan kain tersebut, manfaat floating yoga juga cukup menjanjikan untuk kebugaran tubuh dan kekuatan otot Anda, lho. Tergoda untuk melakukannya? Jangan asal-asalan, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1 dari 3 halaman

Manfaat Floating Yoga

Aktivitas akrobatik seperti floating yoga dianggap cocok bagi orang yang menyukai tantangan. Selain melepas kejenuhan dari yoga yang biasa, floating yoga juga memiliki berbagai dampak positif bagi kesehatan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan Kelenturan

Layaknya yoga pada umumnya, floating yoga juga melibatkan stretching sehingga dapat membantu relaksasi otot. Dengan begitu, manfaat floating yoga dapat meningkatkan fleksibilitas punggung dan tulang belakang.

2. Memperbaiki Mood

Manfaat floating yoga berikutnya adalah dapat meningkatkan mood. Selain itu, layaknya olahraga lain, aktivitas ini pun meningkatkan pengeluaran hormon endorfin, oksitosin, dan dopamin. Ketiganya dapat memperbaiki suasana hati dan membuat Anda lebih bersemangat serta lebih berenergi.

Artikel Lainnya: Jenis-jenis Yoga yang Baik bagi Tubuh

3. Melatih Keseimbangan Tubuh

Sebagian besar pose dalam floating yoga melawan gaya gravitasi. Itulah alasan manfaat floating yoga akan membantu menjaga keseimbangan.

Selain itu, yoga pada umumnya dapat menguatkan otot-otot di sekitar tulang belakang, yang berfungsi menahan posisi dan postur tubuh. Hal ini akan membuat Anda lebih seimbang dan stabil dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti berlari atau bersepeda.

4. Menguatkan Otot

Gerakan yoga umumnya dapat membantu menguatkan berbagai otot tubuh, dari otot perut, lengan, hingga tungkai. Nah, saat melakukan gerakan yoga aerial, tubuh Anda akan bekerja lebih keras untuk melawan gaya gravitasi. Kondisi ini akan menstimulasi otot-otot tubuh lebih kuat.

Artikel Lainnya: Tips Latihan Yoga untuk Pemula

5. Membantu Lebih Fokus

Gerakan floating yoga cukup menantang karena Anda melakukan gerakan yang tidak bisa dilakukan di atas matras (menggantung). Gerakan yang dilakukan melawan gravitasi tersebut membutuhkan konsentrasi yang lebih tinggi sehingga Anda ‘dipaksa’ untuk fokus.

6. Memperlancar Aliran Darah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, saat melakukan aerial yoga, tubuh cukup banyak melawan gaya gravitasi sehingga membutuhkan konsentrasi lebih dan energi yang cukup banyak. Kondisi tersebut dapat memperlancar aliran darah Anda.

7. Melepas Stres

Manfaat lain dari floating yoga yang tak kalah penting adalah meredakan stres. Saat berhasil melakukan pose yoga tertentu, Anda akan merasakan kepuasan tersendiri dalam diri Anda.

8. Olahraga untuk Seluruh Bagian Tubuh

Karena pose yang dilakukan dalam floating yoga sangat variatif, hampir seluruh bagian tubuh ikut berperan dalam aktivitas ini. Sebagian besar otot tubuh ikut bergerak dan persendian juga jadi lebih kuat.

Artikel Lainnya: 9 Alasan Pria Perlu Mencoba Yoga

2 dari 3 halaman

Cara Aman Melakukan Floating Yoga

Meskipun floating yoga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat melakukannya, di antaranya:

  • Pastikan Didampingi oleh Tenaga Profesional

Bila Anda pemula, pastikan Anda melakukannya di tempat yang memang khusus untuk yoga dan didampingi oleh tenaga profesional. Ini dilakukan guna mencegah terjadinya cedera akibat kesalahan gerakan saat melakukan pose tertentu.

  • Ketahui Batasan Anda

Saat melakukan floating yoga, ketika Anda mulai merasa nyeri di persendian atau otot, sebaiknya hentikan aktivitas yoga saat itu juga dan lakukan peregangan otot untuk mencegah cedera berlanjut.

  • Waspada Bila Memiliki Penyakit Tertentu

Apabila Anda memiliki gangguan tulang belakang, masalah jantung, masalah pernapasan, dan penyakit lain seperti glaukoma (peningkatan tekanan di dalam mata), sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda melakukan floating yoga.

Manfaat floating yoga atau aerial yoga memang cukup banyak bagi kebugaran tubuh serta kekuatan otot Anda. Meskipun begitu, bila Anda tertarik melakukannya, pastikan untuk didampingi oleh tenaga profesional dan perhatikan batasan tubuh Anda.

Apabila memiliki pertanyaan seputar topik terkait ataupun masalah kesehatan lainnya, tanyakan secara langsung kepada dokter melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Selamat mencoba!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar