Sukses

Floating Yoga, Bukan Hanya Sekadar Jungkir Balik

Gerakan floating yoga yang serba jungkir balik tidaklah sembarangan. Ada manfaat kesehatan yang besar di baliknya.

Klikdokter.com, Jakarta Aerial yoga, atau yang lebih dikenal dengan floating yoga, adalah salah satu jenis yoga yang saat ini cukup digemari oleh banyak orang.

Dengan menggunakan bantuan kain gantung, floating yoga mempermudah Anda untuk melakukan beberapa pose yoga yang lebih sulit dilakukan saat berpijak pada lantai.

Aktivitas akrobatik ini dianggap cocok bagi orang yang menyukai tantangan. Terlepas dari itu, floating yoga juga memiliki berbagai dampak positif bagi kesehatan:

  1. Meningkatkan fleksibilitas

    Layaknya yoga pada umumnya, floating yoga juga melibatkan stretching dan membantu relaksasi otot. Hal ini dapat meningkatkan fleksibilitas dari punggung dan tulang belakang.

  2. Menunjang mood

    Floating yoga memiliki manfaat psikologis karena membantu meredakan stres. Selain itu, seperti olahraga lain, aktivitas ini juga meningkatkan pengeluaran hormon endorfin, oksitosin, dan dopamin. Ketiganya dapat meningkatkan mood dan membuat Anda merasa lebih berenergi.

  3. Melatih keseimbangan tubuh

    Sebagian besar pose dalam floating yoga melawan gaya gravitasi. Ini membantu tubuh untuk melatih keseimbangan dan stabilitas. Keseimbangan merupakan komponen yang penting dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti berlari atau bersepeda, dan floating yoga dapat membantu melatihnya.

  4. Menguatkan otot

    Floating yoga juga melatih berbagai otot tubuh, termasuk otot perut, lengan, dan tungkai. Dengan demikian, kekuatan otot tubuh juga akan meningkat.

  5. Olahraga untuk seluruh bagian tubuh

    Karena pose-pose yang dilakukan dalam floating yoga sangat variatif, hampir seluruh bagian tubuh ikut berperan dalam aktivitas ini. Sebagian besar otot tubuh ikut bergerak, dan persendian juga menjadi lebih kuat.

Walaupun floating yoga memiliki banyak manfaat, terlalu sering melakukannya belum tentu baik. Terutama bagi Anda yang pemula.

Selain itu, bila Anda memiliki gangguan tulang belakang, glaukoma, gagal jantung, atau beberapa kondisi medis lainnya, harap berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan floating yoga.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar