Sukses

Cara Tepat Memilih Sikat Gigi untuk Anak

Pemilihan sikat gigi yang tepat ternyata dapat berpengaruh terhadap kemauan anak dalam menyikat gigi.

Klikdokter.com, Jakarta Tidak semua anak kooperatif dan senang menyikat gigi. Oleh karena itu, pemilihan sikat gigi yang tepat dapat mendukung terlaksananya kegiatan sikat gigi yang efektif.

Berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih sikat gigi untuk anak:

  1. Pilih sikat gigi dengan ujung bulu sikat yang lembut dan permukaan bulu yang rata, sehingga tidak akan melukai gusi anak yang masih sensitif.

    Untuk anak usia 4–24 bulan, gunakan sikat gigi dengan kepala sikat yang melebar dan berujung membulat. Jenis sikat gigi ini akan memperluas jangkauan penyikatan sekaligus memijat gusinya.

    Sementara itu, untuk usia balita yang giginya sudah tumbuh semua, diperlukan permukaan sikat gigi yang lebih tinggi di ujungnya agar bisa menjangkau daerah sela-sela gigi.

  2. Pilih gagang sikat gigi yang lebih besar dan lebar untuk anak balita. Sedangkan, untuk anak usia 5–8 tahun, pilih gagang sikat gigi yang lebih ramping, dengan susunan bulu sikat berbentuk seperti mangkuk dan bulu sikat di ujungnya lebih tinggi.

  3. Pilih sikat gigi dengan gambar atau karakter kartun kesukaan anak. Orang tua juga bisa mengajak anak dalam memilih sikat gigi, agar anak merasa bahwa kegiatan menyikat gigi adalah sesuatu yang menyenangkan.

Memilih sikat gigi yang tepat untuk anak perlu disesuaikan dengan usianya. Jenis-jenis sikat gigi ini tentunya sudah diselaraskan dengan ukuran lengkung gigi rahang anak, fase pergantian gigi susu dan gigi tetap, dan sebagainya.

Petunjuk penggunaannya pun biasanya terdapat pada kemasan. Sehingga orang tua tak perlu bingung lagi. Selamat memilih sikat gigi untuk anak!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar