Sukses

Awas, Post Vacation Blues Mengintai Usai Libur Lebaran

Anda merasa malas berangkat ke kantor usai libur Lebaran? Hati-hati, Anda mungkin terserang Post Vacation Blues.

Klikdokter.com, Jakarta Setelah puas menjalani libur Lebaran, Anda tentu harus kembali ke realitas sehari-hari yaitu bekerja. Bagaimana perasaan Anda saat bayang-bayang tentang pekerjaan mulai hadir di depan mata? Apakah Anda merasa malas karena selalu terkenang masa liburan? Jika ya, Anda mungkin terserang Post Vacation Blues.

Anda bisa mengalami Post Vacation Blues saat kembali ke rumah dan menjalani rutinitas usai liburan, terlebih jika momen liburan tersebut sangat menyenangkan. Semakin lama libur, Anda akan semakin lama terserang Post Vacation Blues.

Post Vacation Blues dapat menimbulkan gejala lelah, malas, kehilangan nafsu makan, perasaan nostalgia akan momen liburan, bahkan pada beberapa kasus bisa terjadi depresi. Hal ini dapat terjadi karena ketika kembali ke rumah dan menjalani rutinitas, Anda menyadari betapa kehidupan sangat membosankan dan tidak menarik.

Sebetulnya sindrom ini bisa hilang dengan sendirinya, dalam beberapa hari. Namun pada kasus yang ekstrem, sindrom ini baru hilang pada beberapa minggu. Berikut ini kiat untuk mengatasi Post Vacation Blues usai libur Lebaran:

  • Kembali perlahan

    Post Vacation Blues sering dialami oleh orang yang langsung bekerja usai liburan. Hal ini tentu bisa memicu stres. Jadi, usahakan untuk pulang ke rumah pada satu atau dua hari sebelum bekerja. Berikan jeda agar tubuh dan pikiran beradaptasi secara perlahan dengan rutinitas.

  • Bersihkan rumah dan meja kerja

    Tumpukan barang-barang liburan yang berantakan dan timbunan pekerjaan yang belum selesai, bisa membuat Anda malas bekerja. Solusinya, segera bereskan.

  • Segera rapikan foto liburan

    Melihat-lihat foto-foto liburan seringkali membuat Anda susah move on dari liburan. Jika ingin kembali bekerja, simpan foto-foto tersebut dan hindari melihat media sosial terus-menerus.

  • Rencanakan liburan selanjutnya

    Bagian paling bahagia saat liburan bukan hanya terletak pada liburan itu sendiri, melaikan juga pada perencanaannya. Berdasarkan studi yang dipublikasikan di The journal Applied Research in Quality Of Life, merencanakan liburan dapat membuat Anda lebih bahagia.

  • Luangkan waktu relaksasi

    Kembali bekerja terkadang membuat stres. Untuk menghilangkan penat, Anda tak perlu terburu-buru mencari tanggal merah untuk kembali berlibur. Meluangkan waktu relaksasi seperti melakukan hobi atau sekadar berkumpul bersama keluarga di akhir pecan dapat menjadi pilihan tepat.

Post Vacation Blues dapat menyerang siapa saja, termasuk Anda. Agar tak terkungkung perasaan malas tersebut usai libur Lebaran dan tetap produktif, Anda bisa menerapkan kiat-kiat di atas.

[BA]

0 Komentar

Belum ada komentar