HomeInfo SehatKankerOlahraga untuk Turunkan Risiko Kanker Serviks
Kanker

Olahraga untuk Turunkan Risiko Kanker Serviks

Tim Redaksi KlikDokter, 29 Jun 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk mengurangi risiko kanker serviks adalah dengan berolahraga.

Olahraga untuk Turunkan Risiko Kanker Serviks

Kanker serviks dapat dicegah dengan berbagai cara, mulai dari vaksinasi human papillomavirus (HPV) hingga berolahraga. Penelitian membuktikan adanya hubungan antara olahraga dengan kanker serviks. Sayangnya, banyak orang yang menganggap remeh olahraga.

Padahal, hanya dengan berolahraga 30 menit dalam seminggu dapat menurunkan risiko kanker serviks pada wanita secara signifikan. Sebaliknya, wanita yang jarang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya berisiko lebih tinggi terkena kanker maut ini.

Selain karena kurang berolahraga, ada juga faktor risiko kanker serviks lainnya yang perlu diperhatikan, seperti:

  • Infeksi HPV
  • Merokok
  • Infeksi klamidia
  • Kegemukan
  • Memiliki riwayat keluarga dengan kanker serviks

Melihat hal tersebut, pencegahan sejak dini dengan vaksinasi HPV menjadi sangat penting. Di samping itu, Anda wajib melakukan deteksi dini sekalipun telah mendapatkan vaksinasi.

Artikel Lainnya: Penyebab Kanker Serviks

Deteksi Dini Kanker Serviks

Deteksi dini kanker serviks dapat dilakukan melalui beberapa cara, antara lain inspeksi visual dengan asam asetat, Pap smear, dan tes HPV.

Terapkan juga gaya hidup sehat dengan mengatur pola makan, menjauhi rokok, dan rutin berolahraga. Jika Anda tak terbiasa berolahraga, coba lakukan perlahan-lahan baik dari segi frekuensi maupun intensitas.

Satu hal lagi, berolahraga tak harus di gym. Bergerak aktif juga bisa dilakukan dengan berjalan, bersepeda, bahkan berkebun.

Jadi, bila Anda sedang malas berolahraga, ingatlah bahwa selain membakar kalori, Anda juga sedang menurunkan risiko kanker serviks. Yuk, mulai rutin berolahraga dari sekarang!

[RS/ RH]

OlahragaKanker Serviks

Konsultasi Dokter Terkait