Sukses

Apa Itu Diet Cut Carbo?

Dari berbagai macam jenis diet yang ada, diet cut carbo merupakan salah satu diet yang populer dan mudah dikerjakan.

Klikdokter.com, Jakarta Anda pernah mendengar diet cut carbo? Ini adalah adalah salah satu metode diet dengan cara membatasi konsumsi karbohidrat. Karbohidrat dapat ditemukan di bahan makanan seperti beras, gandum, umbi-umbian, buah, dan beberapa jenis sayuran.

Pada diet cut carbo, porsi makanan yang mengandung protein dan lemak ditingkatkan, sementara karbohidrat dibatasi. Makanan utama pada diet ini biasanya berupa daging, ikan ,telur, kacang-kacangan, biji-bijian, sayur, buah, dan lemak yang sehat. Jumlah karbohidrat harian biasanya dibatasi menjadi 60–130 gram.

Secara umum, diet rendah karbohidrat memang bertujuan untuk mengurangi berat badan. Tak hanya itu, diet rendah karbohidrat ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita seperti mengurangi risiko terjadinya penyakit diabetes.

Berdasarkan berbagai penelitian, ternyata diet cut carbo memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Selain mengurangi berat badan, diet rendah karbohidrat dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Anda dapat mengikuti diet ini bila mengalami kelebihan berat badan dan ingin menguranginya, ingin mengubah kebiasaan pola makan, dan mencegah terjadinya diabetes dan penyakit jantung.

Ada beberapa jenis diet rendah karbohidrat, yaitu:

  1. Diet Ketogenik

    Makanan yang perlu dikonsumsi saat menjalani diet ini yaitu makanan yang rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Tujuannya adalah untuk menjaga karbohidrat tetap rendah, sementara tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi utama.
  2. Low-Carb Paleo Diet

    Diet ini menggunakan makanan yang tersedia pada era paleolitik, yaitu sebelum terjadi revolusi industri dan agrikultur. Pada dasarnya, diet ini bukan diet rendah karbohidrat, namun jenis makanan yang perlu dikonsumsi mengandung sedikit karbohidrat.
  3. Diet Atkins

    Diet Atkins merupakan diet rendah karbohidrat yang paling populer. Diet ini mengurangi seluruh makanan tinggi karbohidrat, diganti dengan makanan tinggi protein dan lemak. Pada dua minggu pertama diet ini, konsumsi karbohidrat dibatasi hanya 20 gram per hari.

Diet rendah karbohidrat merupakan salah satu diet yang paling mudah dilakukan dan memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita. Jadi, tak perlu ragu lagi untuk menjalani diet cut carbo.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar