Sukses

Waspadai Penyakit Ini Usai Lebaran

Hati-hati, Anda mungkin saja terserang beberapa penyakit ini usai Lebaran.

Klikdokter.com, Jakarta Lebaran identik dengan tradisi berkunjung ke rumah sanak keluarga dan kerabat untuk silaturahmi. Selama berkunjung, Anda mungkin tanpa sadar mengonsumsi banyak makanan dan minuman yang disajikan. Alhasil, berbagai penyakit mengintai usai Lebaran.

Misalnya, Anda mengonsumsi ketupat ditambah opor ayam atau semur daging sapi saat berkunjung ke rumah saudara. Opor ayam dan semur daging sapi merupakan makanan bersantan. Bila memiliki riwayat kadar kolesterol tinggi, mengonsumsi makanan bersantan membuat kadar kolesterol meningkat.

Santan pada dasarnya tidak mengandung kolesterol yang tinggi. Namun bila telah melalui proses pemanasan, kandungan gizi dalam santan akan berubah menjadi kolesterol jahat.

Selain makanan bersantan, kue kering dan minuman manis yang tinggi gula juga kerap disajikan saat Lebaran. Bila menderita diabetes melitus, Anda perlu berhati-hati dalam mengonsumsi kue kering dan minuman manis tersebut.

Gula di dalam kue kering dan minuman manis berpotensi menyebabkan kadar gula darah meningkat dengan tiba-tiba.

Sebenarnya, Anda boleh saja mengonsumsi makanan bersantan, kue kering, dan minuman manis, bukan berarti tidak boleh sama sekali. Hanya saja, Anda perlu membatasi konsumsi makanan dan minuman tersebut saat Lebaran.

Hati-hati saat mudik

Selain waspada terhadap makanan dan minuman khas Lebaran, Anda juga perlu berhati-hati saat melakukan perjalanan mudik. Saat mudik, entah menggunakan transportasi darat, laut, atau udara, Anda akan bertemu berbagai macam orang.

Anda tentu tidak tahu bagaimana kondisi kesehatan mereka. Berada di tempat umum dengan banyak orang membuat Anda rentan tertular penyakit. Penularan tersebut bisa melalui udara.

Contohnya, batuk dan pilek. Penyakit ini akan mudah ditularkan saat Anda berada di satu lingkungan dengan penderitanya.

Belum lagi, saat mudik, kondisi tubuh mungkin sedang lelah. Bila daya tahan tubuh rendah, Anda bisa terserang berbagai macam penyakit.

Jadi, Anda perlu lebih berhati-hati saat mudik dan saat mengonsumsi makanan dan minuman khas Lebaran, ya. Upaya ini penting dilakukan agar tubuh terhindari dari serangan berbagai penyakit.

[BA/ RH]

 

0 Komentar

Belum ada komentar