Sukses

Suka Menggertakkan Gigi saat Tidur? Coba Pakai Pelindung Gigi

Kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur bisa bikin gigi rusak. Mungkin ini saatnya Anda pakai pelindung gigi.

Klikdokter.com, Jakarta Kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur, dalam dunia medis disebut sleep bruxism. Kondisi ini dapat diatasi dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan night guard atau pelindung gigi.

Pelindung gigi berguna untuk menjaga gigi dari kerusakan akibat menggertakkan gigi terus-menerus. Seperti mencegah erosi gigi, mengurangi bunyi yang mengganggu akibat gigi beradu, serta menangani rasa nyeri pada wajah.

Tak perlu khawatir dalam menggunakan pelindung gigi. Sekarang alat ini dapat dibuat oleh dokter gigi, disesuaikan dengan kontur dan susunan gigi Anda. Otomatis menjadi lebih nyaman dipakai dan tidak mengganggu pernapasan.

Namun, untuk mengatasi kebiasaan menggertakkan gigi, tidak cukup hanya dengan menggunakan pelindung gigi. Kenapa demikian?

Penelitian menyatakan, menggertakkan gigi saat tidur sering dipicu oleh stres. Artinya, kondisi ini merupakan respons tubuh dalam menangani hormon saat tubuh mengalami stres. Analoginya sama seperti ketika seseorang sengaja berteriak untuk melepaskan stres.

Jadi jika penyebab utama kebiasaan Anda menggertakkan gigi adalah stres, Anda tetap memerlukan tindakan lanjutan lainnya.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar