HomeInfo SehatKulitKhasiat Batu Apung Bisa Bantu Putihkan Kulit?
Kulit

Khasiat Batu Apung Bisa Bantu Putihkan Kulit?

dr. Fiona Amelia MPH, 26 Jun 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Menggosokkan batu apung ke permukaan kulit yang tampak kehitaman diklaim dapat memutihkan kulit. Benarkah?

Khasiat Batu Apung Bisa Bantu Putihkan Kulit?

Produk pemutih kulit secara alami kini semakin banyak dicari para wanita. Salah satunya dengan menggunakan batu apung. Lalu, bagaimana cara batu apung memutihkan kulit?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit kehitaman, yakni gesekan antar kulit, kulit dengan pakaian atau asesoris yang digunakan, paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari, faktor bawaan dan penumpukan sel kulit mati. Dari semua faktor tersebut, hanya faktor ketiga yang dapat diatasi dengan batu apung.

Sel kulit mati tidak dapat mengelupas dengan sendirinya. Bila didiamkan, ia akan bercampur dengan minyak, keringat, dan debu, lalu menjadi daki.

Daki inilah yang membuat kulit tampak kusam, kehitaman, dan kasar. Batu apung dapat memutihkan kulit yang kusam dan kehitaman ini dengan membantu proses eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati.

Pemahaman ‘memutihkan’ kulit di sini perlu diluruskan, karena tujuan eksfoliasi sebenarnya membersihkan, bukan memutihkan. Bila sel kulit mati terangkat, otomatis kulit akan terlihat lebih cerah.

Agar hasilnya nyata, batu apung untuk eksfoliasi kulit dianjurkan untuk digosokkan setiap hari selama sebulan pada area kulit yang tampak kehitaman. Meski demikian, penggunaannya harus hati-hati agar kulit tidak menjadi merah dan iritasi.

Karena itu, agar terhindar dari iritasi perhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Bagian tubuh yang dibersihkan Tekstur batu apung yang keras dan kasar tidak cocok untuk kulit yang tipis seperti wajah atau leher. Batu apung paling baik digunakan untuk membersihkan buku-buku jari, siku, telapak kaki atau tumit.
  2. Frekuensi dan kekuatan menggosok Gosokan yang terlalu kuat atau terlalu sering membuat kulit menjadi tipis dan mudah iritasi.
  3. Gosokkan saat mandi Batu apung sebaiknya digosokkan pada kulit yang basah karena sel kulit mati lebih mudah terangkat. Gosokan pun tidak perlu terlalu kuat.
  4. Jenis kulit Kulit yang sensitif dan cenderung kering tidak dianjurkan untuk digosok dengan batu apung karena rentan iritasi dan meradang.

Jadi, batu apung memang bisa membantu untuk mencerahkan kulit yang tampak kehitaman akibat penumpukan sel kulit mati dan kotoran. Tapi Anda juga tetap perlu berhati-hati memakainya agar kulit tidak iritasi. Sedangkan kulit kehitaman yang merupakan faktor bawaan tidak dapat diputihkan namun dapat tetap terlihat cerah dan cantik dengan perawatan yang benar. Selamat mencoba.

[DA/ RVS]

kulitiritasiPemutih KulitBatu Apung

Konsultasi Dokter Terkait