Sukses

Apakah Jerawat Merupakan Gejala Awal PMS?

Jerawat sering dikaitkan sebagai gejala awal Pre-Menstruasi Syndrome (PMS). Inilah penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Anda pernah atau sering bermasalah dengan jerawat yang muncul menjelang PMS? Ini gejala yang wajar.

Saat PMS, kulit mengalami beberapa perubahan akibat ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh wanita bergejolak naik dan turun selama siklus menstruasi. Sedangkan kadar hormon testosteron cenderung stabil.

Peningkatan kadar progesteron menstimulasi produksi sebum, substansi minyak tebal yang berfungsi sebagai lubrikan kulit. Kulit juga "membengkak" dan pori-pori menutup, sehingga sebum menumpuk di bawah kulit.

Selain itu, kadar testosteron yang lebih tinggi saat siklus menstruasi mengaktifkan kelenjar sebasea, sehingga lebih banyak sebum dipoduksi. Nah, minyak merupakan makanan bagi bakteri P. Acnes. Bakteri ini memicu munculnya jerawat dan inflamasi kulit menjelang menstruasi.

Perubahan hormon memang tidak dapat dicegah, tetapi beberapa kiat ini dapat membantu mencegah timbulnya jerawat menjelang menstruasi.

  1. Bersihkan wajah minimal dua kali sehari

    Anda dapat menggunakan cleansing milk atau oil sebelum mencuci wajah dengan facial wash. Toner atau cleansing yang mengandung asam salisilat dapat membantu mengangkat lapisan kulit mati dan membuat minyak serta kotoran di wajah ikut terbuang.

  2. Hindari stres dan make up

    Stres dapat memperburuk kondisi jerawat dan bahkan menimbulkan jerawat-jerawat baru. Selain itu, gunakan make up seminimal mungkin agar tidak menutup pori-pori wajah. Penggunaaan make up dapat berisiko terhadap penumpukan kotoran, sehingga kulit wajah dapat iritasi dan muncul jerawat.

  3. Konsumsi banyak air putih dan makanan sehat

    Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral akan menutrisi kulit, sehingga kulit dapat menangkal pengaruh buruk dari luar. Konsumsi air putih yang cukup akan menghidrasi kulit dan terhindari dari berbagai masalah kulit.

Jerawat memang merupakan gejala awal PMS. Namun hal tersebut dapat Anda cegah dengan kiat-kiat di atas. Selamat mencoba!

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar