Sukses

Mendorong Barang DIanjurkan untuk Wanita Agar Tak Turun Berok?

Benarkah agar wanita tidak mengalami turun berok, wanita lebih baik mendorong daripada menarik barang?

Klikdokter.com, Jakarta Anda tentu pernah mendengar istilah turun berok, bukan? Istilah tersebut kerap dikaitkan dengan kebiasaan Anda menanggung beban fisik yang berat. Nah, agar wanita tidak mengalami turun berok, muncul anggapan bahwa wanita lebih baik mendorong daripada menarik barang. Benarkah demikian?

Secara normal, ketika seseorang mendorong, menarik, atau mengangkat barang tekanan di dalam rongga perut akan meningkat. Peningkatan tekanan tersebut, pada wanita yang rentan, dapat memicu peranakan turun, atau disebut prolaps uteri. Risiko seorang wanita mengalami turun berok sangat bergantung pada kondisi otot dan ligamen penyangga rahim.

Jika semuanya kuat, aktivitas seberat apa pun tidak akan membuat rahim melorot. Namun jika Anda memiliki kelainan bawaan yang menyebabkan jaringan penyangga rahim lemah dan cepat kendur, Anda bisa mengalami turun berok meski tidak melakukan aktivitas fisik yang berat.

Pilih Mendorong atau Menarik Barang?

Mendorong barang dianggap lebih aman bagi wanita, sebab daya yang dikeluarkan tersalurkan ke seluruh berat tubuh. Dengan demikian, tekanan di dalam rongga perut akan berkurang, sehingga peluang terjadinya turun berok pun menurun.

Mendorong barang juga lebih amTan untuk bahu dan punggung. Selain itu, Anda dapat melihat arah tujuan, sehingga bisa mengantisipasi berbagai rintangan.

Menarik barang dianggap lebih berisiko memicu turun berok, karena tubuh melibatkan otot lengan dan tekanan perut untuk memindahkan barang. Risiko cedera pada bahu dan punggung juga lebih besar saat menarik barang.

Selain itu juga lebih berisiko menimbulkan cedera karena tidak dapat melihat tujuan di depan bila berjalan mundur. Barang atau pengangkut beroda yang ditarik dapat menabrak kaki atau pergelangan kaki Anda.

Cara Aman Medorong Barang

Cara mana yang lebih baik, mendorong atau menarik, tergantung pada berbagai faktor seperti posisi, dimensi barang, dan kemampuan bermanuver. Yang terpenting perhatikan cara yang tepat saat mendorong atau menarik barang agar tidak mencederai punggung.

Bila Anda perlu mendorong barang, perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Lutut sedikit tertekuk, sedangkan telinga, bahu dan pinggul harus sejajar.
  • Tarik dan kencangkan otot-otot perut.
  • Sandarkan tubuh ke arah barang yang akan didorong.
  • Gunakan kaki dan daya dari berat tubuh untuk mendorong.
  • Melangkah kecil-kecil untuk mengurangi tarikan otot punggung yang berlebihan.
  • Usahakan agar punggung selalu dalam posisi tegak, tidak membungkuk.

Bila Anda cenderung mengalami nyeri punggung, usahakan sebisa mungkin untuk mendorong barang. Hindari mendorong barang yang posisinya lebih tinggi dari bahu untuk mencegah cedera bahu dan leher. Sebaiknya, posisi barang yang didorong selalu berada di bawah pandangan mata.

Memang tidak ada jawaban yang pasti mengenai bagaimana yang lebih baik bagi wanita, menarik atau mendorong barang. Pilihan sangat tergantung pada Anda agar terhindar dari turun berok. Karena itu pilihlah cara yang paling aman.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar