Sukses

Kiat Bantu Anak Lebih Tua Beradaptasi dengan Adiknya

Membantu anak lebih tua beradaptasi dengan adiknya merupakan suatu tantangan tersendiri. Bagaimana kiat-kiatnya?

Klikdokter.com, Jakarta Anak lebih tua dituntut untuk mampu beradaptasi setelah kelahiran adiknya. Karena biasanya perhatian orangtua langsung terbagi. Bahkan sering lebih fokus memerhatikan anak yang baru lahir dibanding anak yang sebelumnya.

Hal ini bisa menimbulkan rasa cemburu dalam diri si kakak. Untuk mengatasinya, Anda perlu membantu proses adaptasi anak yang lebih tua terhadap adiknya sebagai anggota keluarga baru.

Berikut ini kiat-kiat untuk membantu anak lebih tua beradaptasi dengan adiknya:

  1. Beri pengertian kepada anak

    Bantu anak Anda untuk beradaptasi dengan menjelaskan bahwa dalam beberapa waktu ia akan memiliki adik. Jelaskan bahwa setelah adiknya lahir, kedua orang tua juga harus mengurusi adiknya. Cara ini bisa mempersiapkan mentalnya untuk beradaptasi dengan situasi baru setelah sang adik lahir.

  2. Berikan perhatian yang cukup kepadanya

    Setelah kelahiran sang adik, perhatian orang tua terkadang turun drastis terhadap anak yang lebih tua. Ini sering membuat anak yang lebih tua merasa diacuhkan dan cemburu. Sebagai orang tua, bijaksanalah dalam membagi perhatian sehingga anak yang lebih tua tidak merasa kekurangan perhatian.

  3. Ajak anak untuk terlibat merawat adiknya

    Salah satu cara jitu membuat anak yang lebih tua mudah beradaptasi dengan sang adik adalah dengan mengajaknya terlibat merawat adiknya. Hal ini dapat menciptakan suasana kekeluargaan yang kental dan memunculkan rasa kasih sayang sang kakak kepada adiknya.

  4. Jangan membandingkannya dengan sang adik

    Setiap anak memiliki keunikannya sendiri. Untuk itu, jangan membanding-bandingkan anak yang lebih tua dengan adiknya untuk menghindari munculnya rasa cemburu. Tunjukkan bahwa rasa kasih sayang Anda sama terhadap semua anak

Proses adaptasi anak lebih tua dengan adiknya membutuhkan waktu. Selain itu, proses adaptasi antara satu anak dengan anak yang lainnya juga bervariasi. Sebagai orang tua, Anda perlu ekstra bersabar.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar