Sukses

Bengkak Kebiruan di Sekitar Luka Suntikan, Berbahayakah?

Tidak jarang, bekas suntikan berubah menjadi bengkak kebiruan. Berbahayakah ini?

Klikdokter.com, Jakarta Menyuntik terkadang harus dilakukan oleh mereka yang sedang sakit. Tak jarang, area di sekitar luka suntikan berubah menjadi bengkak kebiruan. Apakah kondisi ini normal, atau ada sesuatu yang tidak beres?

Faktanya, bengkak kebiruan di sekitar luka suntikan terjadi akibat adanya perdarahan dan rusaknya jaringan di bawah kulit. Hal ini karena pembuluh darah vena, pembuluh darah kecil, serta jaringan-jaringan yang terletak di sekitarnya mudah sekali pecah.

Alhasil, robekan pembuluh darah dan kerusakan jaringan di bawah kulit bisa saja terjadi. Robekan pembuluh darah tersebut membuat darah keluar, menumpuk, dan menyebabkan kebiruan di sekitar bekas suntikan. Sedangkan kerusakan jaringan menyebabkan bengkak.

Jika hal ini terjadi, jangan panik. Dalam keadaan normal, bengkak kebiruan dapat hilang dengan sendirinya. Hanya saja, proses ini memerlukan waktu yang tidak sebentar.
Namun, jika bengkak kebiruan semakin meradang, terasa nyeri, timbul nanah, bertambah besar dari hari ke hari, Anda perlu waspada. Karena kejadian ini menjadi pertanda bahwa luka Anda sudah terjangkit infeksi.

Pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengompres bengkak kebiruan tersebut dengan air dingin atau es batu selama 10-20 menit. Jika keluhan tidak kunjung membaik, apalagi ditambah dengan kejadian demam, jangan ragu untuk segera membawa diri ke dokter.

Sekarang Anda sudah tahu bahwa bengkak kebiruan di sekitar luka suntikan tidak selalu berbahaya, bukan? Tapi tetaplah waspada dan jaga kesehatan Anda. Salam sehat!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar