Sukses

Berbahayakah Jika Pakai Kosmetik Waterproof?

Tahukah Anda bahwa ada bahaya di balik penggunaan makeup waterproof? Yuk, simak penjelasannya di sini.

Air dan keringat mungkin merupakan musuh terbesar jika sedang memakai kosmetik. Untungnya, produsen kosmetik banyak mengeluarkan produk waterproof. Namun, bagaimanakah efeknya bagi kulit?

Makeup waterproof merupakan produk kosmetik yang diformulasikan agar dapat tahan terhadap air sehingga riasan lebih kuat dan tahan lama. Karena ketahanannya, banyak wanita yang lebih memilih menggunakan produk jenis waterproof bukan hanya untuk acara tertentu tapi juga sebagai kosmetik sehari-hari.

1 dari 3 halaman

Bahaya Makeup Waterproof

Berdasarkan ketahanannya, tentu saja kosmetik waterproof memiliki kandungan yang berbeda dengan kosmetik biasa. Sayangnya, kandungan tersebut dapat merusak kulit jika digunakan secara berlebihan dan tidak tepat.

Kebanyakan produk waterproof menggunakan kandungan dimethicone, yaitu salah satu jenis silikon. Silikon ini dapat membuat wajah Anda lebih halus karena mengisi pori-pori kulit wajah dengan baik dan kuat. Tapi, silikon bisa menyebabkan beberapa efek buruk bagi wajah.

Berikut beberapa bahaya yang dapat timbul karena menggunakan makeup waterproof:

1. Dapat Menyumbat Pori-pori

Seperti yang telah dijelaskan, silikon mampu masuk sampai ke dalam pori-pori dan melekat kuat. Hal ini dapat membuat kotoran, keringat, sel-sel kulit mati, hingga bakteri terjebak di dalam pori-pori wajah.

2. Dapat Menyebabkan Jerawat

Karena produk makeup-nya susah dibersihkan, pori-pori wajah dapat terus tersumbat dan menjadi tempat yang disukai bakteri untuk berkembang biak. Alhasil, bisa timbul jerawat yang meradang di kulit Anda.

Artikel lainnya: Perhatian! Kosmetik Juga Memiliki Masa Kedaluwarsa

3. Membuat Kulit Kering

Kandungan silikon dalam produk kecantikan juga dapat memengaruhi kelembapan kulit dengan menghalangi penyerapan air dan membuat proses pengaturan kulit menjadi tidak seimbang. Selain menimbulkan jerawat, kulit Anda juga bisa menjadi kering dan kusam.

4. Menyebabkan Reaksi Alergi

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, harus lebih berhati-hati dalam memilih produk kecantikan. Kandungan silikon dalam makeup dapat menimbulkan reaksi alergi dan juga membuat kulit jadi gampang iritasi.

Perlu Anda ingat, produk-produk kosmetik waterproof cenderung sangat berat karena perlu “menempel” pada kulit walau terkena air. Jika memungkinkan, cobalah dahulu produk yang lebih ringan, seperti produk water-resistant. Umumnya hasil yang diberikan hampir sama saja dan formulanya tidak terlalu berat.

Artikel lainnya: Lebih Teliti dalam Memilih, Ini 5 Bahan Kimia Berbahaya dalam Kosmetik

2 dari 3 halaman

Cara Aman Pakai Makeup Waterproof

Bagi Anda yang ingin menggunakan kosmetik waterproof, tetaplah memperhatikan cara penggunaannya dan menjaga kebersihan agar kulit wajah tidak menjadi rusak. Berikut cara aman memakai makeup waterproof yang dapat Anda lakukan:

  • Gunakan kosmetik antiair hanya pada saat tertentu saja dan tidak menggunakannya sebagai riasan sehari-hari.
  • Bersihkan bedak waterproof atau makeup tahan air lainnya dengan pembersih berbahan dasar minyak, sehingga kulit wajah benar-benar bersih dan seluruh riasan terangkat.
  • Hindari produk kosmetik yang menggunakan bahan silikon, karena dapat merusak kulit.
  • Pilihlah produk waterproof yang berbahan polimer, seperti acrylates copolymer dan isododecane karena lebih aman untuk kulit.
  • Jangan lupa menggunakan pelembap sebelum makeup agar wajah tidak kering.

Jadi, untuk menghindari kerusakan pada kulit wajah, pastikan Anda menggunakan jenis makeup yang ringan dan memiliki kandungan yang aman bagi kulit.

Daripada menggunakan yang waterproof, pilihlah produk makeup yang “water resistant”. Produk ini juga tahan terhadap air, tapi kandungannya tidak terlalu berat dan juga lebih gampang dibersihkan.

Jika tetap ingin menggunakan makeup waterproof, ketahui dulu cara aman penggunaannya agar terhindar dari alergi, iritasi, dan jerawat membandel.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai bahaya menggunakan makeup waterproof untuk kesehatan kulit Anda? Tanyakan langsung kepada dokter-dokter kami melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[NWS]

1 Komentar

  • akruti clinic

    Akruti Clinic for Cosmetic & Plastic Surgery in Hyderabad, this one of best hospital in Hyderabad. Akruti conveys its hearty thanks to all the patients for their positive reviews which made us be ranked as Number 1 Center for Cosmetic Surgery in Hyderabad by Times Health Survey. We thank once again