Sukses

Berbahayakah Jika Pakai Kosmetik Waterproof?

Banyak wanita memilih kosmetik waterproof karena lebih praktis dan tahan lama. Namun, adakah efek sampingnya bagi kulit?

Klikdokter.com, Jakarta Air dan keringat mungkin merupakan musuh terbesar jika sedang memakai kosmetik. Untungnya, produsen kosmetik banyak mengeluarkan produk waterproof. Namun, bagaimanakah efeknya bagi kulit?

Hal pertama yang perlu Anda ingat adalah haruskah mengenakan kosmetik ke semua tempat? Area berolahraga seperti kolam renang dan gym tentunya berpotensi “merusak” dandanan Anda.

Jika dipikir kembali, sebenarnya tak terlalu penting untuk menggunakan kosmetik setiap kali keluar rumah. Simpan dan gunakan produk waterproof ini saat Anda memang membutuhkannya, misalnya, menghadiri pesta yang dilangsungkan di luar ruangan.

Perlu Anda ingat, produk-produk kosmetik waterproof cenderung sangat berat karena perlu “menempel” pada kulit walau terkena air. Jika memungkinkan, cobalah dahulu produk yang lebih ringan, seperti produk water-resistant. Umumnya hasil yang diberikan hampir sama saja dan formulanya tidak terlalu berat.

Kosmetik waterproof juga menimbulkan semacam lapisan sehingga kulit tidak dapat “bernapas”. Kulit yang tersumbat akan mudah mengalami jerawat.

Agar kulit tetap sehat, selalu bersihkan secara benar kosmetik di wajah setelah pemakaian. Untuk itu, Anda perlu membeli makeup remover khusus untuk produk waterproof.
Untuk maskara, bahan waterproof dapat membuat bulu mata Anda kering. Bila pembersih kosmetiknya tidak sesuai, dapat menimbulkan gesekan berlebihan sehingga bulu mata rentan lepas.

Selain itu, perhatikan kandungan kosmetik yang Anda gunakan. Jika bahan utamanya adalah silikon, sebaiknya tinggalkan. Bahan tersebut rentan menimbulkan iritasi pada kulit, jerawat, bahkan reaksi alergi pada kulit.

Jadi agar wajah Anda terhindar dari berbagai masalah kulit, gunakanlah kosmetik waterproof hanya pada acara-acara istimewa. Hindari menggunakan kosmetik ini untuk kegiatan sehari-hari. Selain itu, hapuslah kosmetik waterproof dengan baik agar kulit wajah tetap sehat.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar