Sukses

Cara Memilih Bra Sesuai Ukuran dan Bentuk Payudara

Jangan salah, menggunakan bra yang tidak tepat bisa mengganggu kesehatan Anda. Ikuti tips memilih bra yang sesuai untuk payudara Anda.

Fungsi bra bagi wanita sangatlah penting untuk menopang payudara. Namun, sebagian besar wanita tidak benar-benar mengetahui ukuran pasti payudara mereka ataupun cara memilih bra dengan baik agar mendapat ukuran bra yang sesuai.

Padahal, jika Anda memakai bra yang tidak tepat, payudara Anda akan menjadi kendur dan kehilangan bentuk serta elastisitasnya.

Jadi, sangat penting bagi wanita untuk memilih bra sesuai bentuk dan ukuran payudara. Sebab, tidak semua ukuran dan bentuk payudara wanita sama.

Pilih Model Bra Sesuai Bentuk Payudara

Setelah mengetahui ukuran bra, cara memilih bra bisa Anda lanjutkan dengan pemilihan model yang sesuai dengan bentuk payudara. Nah, berikut adalah beberapa jenis bra yang bisa Anda pilih:

  • Push-Up Bra: Bra jenis ini berfungsi mengangkat payudara sehingga dapat digunakan pemilik payudara kecil. Bra push-up akan membuat payudara Anda terlihat penuh.
  • Minimiser Bra: Bra minimiser diperuntukkan bagi Anda pemilik payudara besar. Jika ingin payudara terlihat kecil, bra jenis ini dapat menjadi pilihan.
  • Demi-Cup Bra: Bra jenis ini dapat Anda pilih pemilik payudara kecil. Bra demi-cup dapat menjadi andalan Anda karena fokus kerjanya pada bentuk cup yang rendah.
  • Full Cup Bra: Sesuai namanya, bra full cup mampu menutupi seluruh payudara Anda. Bra jenis ini memiliki tali bahu yang lebar sehingga mampu memberikan kenyamanan bagi Anda yang memiliki ukuran payudara yang besar.
  • Balconette Bra: Tipe dari bra demi cup ini memiliki cup rendah sehingga cocok digunakan ketika Anda mengenakan pakaian dengan belahan dada rendah.
  • Bandeau Bra: Bra ini cocok bagi Anda yang memiliki payudara kecil. Cara pemakaiannya adalah dengan memasukkan bra lewat kepala karena bra jenis ini tidak memiliki pita pengait. Selain bahan yang elastis, bra bandeau bisa digunakan dengan atau tanpa tali bahu.
  • Bra Berkawat: Wanita berpayudara besar dapat memilih bra ini karena mampu menyangga payudara dengan baik ketimbang bra tanpa kawat. Ini akan membantu payudara tidak turun.
  • Bra Tanpa Kawat: Jika Anda memiliki payudara dengan jarak antarpayudara agak jauh atau payudara yang turun, berarti cocok dengan bra tanpa kawat jenis full cup.
  • Mastectomy Bra: Bra jenis ini digunakan bagi wanita yang telah menjalani operasi pengangkatan payudara. Bra mastectomy dapat digunakan untuk pemulihan pascaoperasi.
  • Maternity Bra dan Nursing Bra: Karena nyaman, bra maternity cocok bagi wanita hamil. Sementara itu, bra nursing adalah jenis bra yang didesain khusus bagi wanita menyusui agar mempermudah saat bayi akan menyusu.
  • Contour Bra: Bra contour memiliki busa yang tipis dan dibuat dari kain. Didesain khusus menyesuaikan dengan bentuk payudara, bra jenis ini akan terasa nyaman ketika digunakan.
  • Sports Bra: Bra jenis ini cocok digunakan saat berolahraga karena didesain untuk menopang payudara dengan baik ketika Anda aktif bergerak.

Artikel Lainnya: Memakai Bra Berkawat, Baik atau Buruk?

1 dari 3 halaman

Ukur Payudara Terlebih Dahulu

Sebelum Anda mengetahui cara memilih bra, Anda perlu memahami bahwa tak hanya model dan warna saja yang perlu diperhatikan. Sesuaikan juga dengan ukuran dan bentuk payudara Anda.

Pertama-tama pastikan ukuran bra pas, tidak terlalu kecil atau terlalu longgar. Berikut beberapa cara mengukur bra yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

  1. Saat mengukur bra, disarankan untuk berdiri di depan kaca agar tahu apakah meteran yang Anda gunakan sudah terlingkar dengan betul atau belum.
  2. Lingkarkan meteran mengelilingi bagian bawah payudara Anda (sejajar mengelilingi pengait bra).
  3. Pengukuran dilakukan dalam inci, bulatkan pengukuran Anda ke atas. Jika lingkar dada Anda 33,5 inci, berarti ukuran bra adalah 34.
  4. Kemudian, lingkarkan meteran pada bagian terpenuh payudara (sejajar dengan puting payudara).
  5. Kurangi dengan angka lingkar dada (pengait bra) Anda. Misalnya, lingkar ukuran terpenuh Anda adalah 36 dan lingkar dada Anda adalah 34 (36 – 34 = 2).
  6. Nah, kemudian cara mengetahui ukuran bra disesuaikan dengan daftar ukuran cup bra berdasarkan pengukuran tersebut:
  • 0 adalah AA
  • 1 adalah A
  • 2 adalah B
  • 3 adalah C
  • 4 adalah D
  • 5 adalah E

Artikel Lainnya: Mitos Tentang Bra yang Tidak Perlu Anda Percaya

2 dari 3 halaman

Dampak Jika Asal Memilih Bra

Meski tampak sepele, jika Anda tidak memperhatikan cara memilih bra, dampak kesehatan dapat muncul. Beberapa efek samping mengenakan bra yang salah, di antaranya:

  • Nyeri Payudara

Cara memilih bra yang asal-asalan akan menyebabkan nyeri payudara secara instan bila ukuran dan bentuknya tidak sesuai. Misalnya, ukuran yang terlalu kecil atau letak kawat yang tidak pas dapat langsung menyebabkan nyeri pada payudara.

  • Nyeri Punggung

Dalam jangka waktu yang lebih panjang, ukuran dan model bra yang tidak tepat dapat menyebabkan nyeri punggung. Hal ini disebabkan oleh adanya beban pada pundak dan rusuk jika bra yang salah digunakan berulang-ulang atau terus menerus.

  • Nyeri Leher dan Pundak

Berkaitan dengan nyeri punggung, pemakaian bra dengan ukuran atau model yang tidak tepat akan memberi beban pada pundak dan leher sehingga menyebabkan nyeri pada kedua area tersebut.

Jika Anda kerap mengalami nyeri pundak atau leher yang tidak jelas penyebabnya, bisa jadi bra yang Anda gunakan belum sesuai ukuran dan modelnya.

Artikel Lainnya: Pakai Bra yang Sama Lebih dari Sehari, Amankah untuk Kesehatan?

  • Perubahan Postur

Dalam jangka yang jauh lebih panjang, adanya beban pada pundak dan nyeri punggung berkepanjangan akibat salah pilih bra bisa mengakibatkan perubahan postur tubuh menjadi lebih buruk. Misalnya, tubuh menjadi bungkuk atau pundak yang menutup.

  • Risiko Kanker

Bra yang terlalu ketat disinyalir bisa berbahaya bahkan meningkatkan risiko kanker payudara. Bra yang terlalu ketat bisa membatasi kelenjar getah bening di sekitar payudara dan ketiak, padahal kelenjar ini penting untuk memproses racun dalam tubuh.

Bra yang terlampau ketat dapat menyebabkan penyumbatan aliran pembuangan pada kelenjar tersebut, sehingga zat racun dan kimia yang seharusnya dibuang menjadi terperangkap dan dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Demikian beberapa cara memilih bra sesuai ukuran dan bentuk payudara. Jadi, sebelum memilih bra, pastikan untuk tidak memilihnya hanya berdasarkan model dan warna.

Gunakan cara mengukur bra di atas agar Anda dapat memilih bra sesuai dengan ukuran dengan bentuk payudara Anda.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar