Pencernaan

Sakit Mag, Makan Apa yang Aman?

dr. Theresia Rina Yunita, 24 Jun 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sakit mag Anda tiba-tiba kambuh. Jika sudah begitu, harus makan apa agar tak semakin parah?

Sakit Mag, Makan Apa yang Aman?

Sakit mag dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Faktor pencetusnya pun bermacam-macam, salah satunya dari kebiasaan makan yang buruk. Misalnya, terlalu sering mengonsumsi makanan pedas dan berlemak.

Namun, beberapa makanan justru dianjurkan atau aman bagi penderita mag. Apa sajakah?

  1. Buah

    Buah dapat dikonsumsi penderita mag dengan porsi 2–4 buah per hari. Pilihan yang baik adalah apel atau jus apel, persik, pir, anggur, melon, dan kiwi.Sementara itu, buah-buahan yang perlu Anda hindari adalah jeruk atau jus jeruk, beri, dan buah yang dikeringkan karena dapat memicu peningkatan asam lambung.
  2. Sayur

    Sayuran sangat baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Namun, tidak semua sayuran dianjurkan bagi penderita mag.Hindari paprika, kol, sawi, dan kubis karena dapat meningkatkan produksi gas dalam lambung.
  3. Daging

    Kebanyakan jenis daging dapat ditoleransi dengan baik meski Anda memiliki mag. Hal yang terpenting adalah bagaimana Anda mengolah daging tersebut.Jika diolah menggunakan santan, otomatis dapat memicu peningkatan asam lambung. Sebaliknya, bila direbus atau dipanggang tentunya tidak akan memperparah sakit mag.
  4. Minuman

    Memiliki penyakit mag bukan berarti Anda tidak boleh minum kopi atau minuman berkafein lainnya. Hal ini tergantung pada tingkat keparahan penyakit.

Selain itu, penting untuk mengonsumsi minuman ini saat perut sudah terisi makanan agar tidak terjadi peningkatan asam lambung.

Memiliki sakit mag bukan berarti tidak bisa makan enak. Hal yang terpenting adalah mengonsumsi makanan yang tepat pada waktu yang tepat juga. Semoga berguna!

[RS/ RH]

Sakit MaagSakit magPantangan Sakit Mag

Konsultasi Dokter Terkait