Sukses

Buka Puasa Bikin Diabetes?

Buka puasa dengan yang manis tentu menyenangkan, tapi hati-hati, kebiasaan ini juga bisa meningkatkan risiko diabetes.

Klikdokter.com, Jakarta Setelah sepanjang hari tidak mengonsumsi makanan atau minuman, tubuh secara otomatis menginginkan sajian dengan kalori tinggi yang mudah dicerna saat buka puasa. Sinyal ini diterjemahkan oleh tubuh sebagai keinginan untuk mengonsumsi makanan manis.

Konsumsi sajian manis biasanya meningkat secara signifikan selama puasa. Padahal menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal Diabetes Care, tahun 2013, konsumsi gula tambahan (fruktosa) secara berlebih selama tiga minggu dapat mengganggu kerja hormon insulin. Hal tersebut juga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Sejalan dengan fakta tersebut, dr. Jessica Florencia, juga mengatakan bahwa telah banyak penelitian mengungkapkan adanya kaitan erat antara konsumsi sajian manis dengan peningkatan risiko diabetes.

Risiko diabetes dapat meningkat karena obesitas dan gangguan pada proses kerja hormon insulin. Hormon insulin bertugas untuk mengatur kadar gula di dalam darah.

Gangguan kerja hormon insulin tersebut merupakan awal terjadi diabetes. Alhasil, risiko terkena diabetes semakin meningkat bila seseorang terus-menerus mengonsumsi gula berlebih selama bulan puasa. Padahal menurut dr. Jessica, puasa memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya yaitu mengendalikan kadar gula darah bagi penderita diabetes.

Karena itu, Anda perlu mengurangi asupan asupan gula selama puasa agar terhindari dari diabetes, termasuk bagi Anda pecinta kopi. “Biasakan untuk mengonsumsi kopi dengan sedikit gula, untuk mengendalikan asupan gula Anda,” kata dr. Jessica. Ayo, berpuasa dengan sehat!

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar