Sukses

Cegah Badan Lemas Saat Puasa dengan Makan Ikan Saat Sahur

Ada banyak cara untuk mencegah badan lemas saat puasa. Salah satunya dengan makan ikan saat sahur.

Klikdokter.com, Jakarta Badan lemas merupakan salah satu kondisi yang sering terjadi saat puasa. Ada banyak faktor yang memicu keluhan tersebut, salah satunya yaitu asupan makanan yang minim nutrisi. Agar tubuh tetap bertenaga saat puasa, mengonsumsi ikan saat sahur dapat menjadi solusi tepat.

Mengapa demikian? Jawabannya adalah karena ikan kaya akan protein. Protein yang tinggi pada ikan dapat membantu tubuh meregenerasi sel-sel yang rusak dan menjaga massa otot tubuh.

Selama berpuasa, ketika tubuh kekurangan energi, cadangan energi seperti glukosa dalam otot dan hati, serta lemak tubuh akan digunakan untuk menghaslkan energi. Jika sumber energi tersebut tidak cukup, barulah cadangan protein dalam otot akan dipecah untuk membentuk energi.

Oleh karena itu, konsumsi protein yang cukup sangat penting selama berpuasa agar sel-sel otot yang rusak dapat diperbaiki kembali.

Selain tinggi protein, ikan juga kaya akan omega 3. Omega 3 telah terbukti dapat bermanfaat bagi tubuh, seperti mengurangi reaksi peradangan, membantu perkembangan otak anak, menurunkan kadar kolesterol jahat, serta mencegah penyakit jantung.

Terkait dengan puasa, omega 3 bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Alhasil, tubuh tidak mudah lemas dan sakit.

Nah, banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi ikan. Jadi, cobalah mengkonsumsi ikan saat sahur secara rutin agar tak muncul keluhan badan lemas saat puasa.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar