Sukses

Bebas Perut Kembung Saat Puasa

Perut kembung mengganggu puasa Anda? Berikut kiat untuk mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Perut kembung merupakan salah satu keluhan yang sering muncul saat puasa. Perut kembung terjadi akibat penumpukan gas di saluran pencernaan, lantaran menelan udara (aerofagia) atau hasil pemecahan makanan. Saat puasa, meski saluran pencernaan tidak menerima makanan, namun udara masuk saat berbicara.

Hal itulah yang menyebabkan setiap orang rentan mengalami perut kembung saat puasa. Berikut ini adalah beberapa kiat untuk mencegahnya:

  • Hindari makanan yang meningkatkan produksi gas

    Anda perlu menghindari makanan yang meningkatkan produksi gas di saluran pencernaan saat sahur dan buka puasa. Beberapa makanan tersebut antara lain makanan tinggi lemak, pedas, dan terlalu berbumbu.

    Bahan makanan lain yang dapat meningkatkan produksi gas yaitu kubis, brokoli, mentimun, dan semangka. Pilihlah makanan yang bisa mengurangi gejala kembung seperti nasi putih, roti, yogurt, dan apel.
  • Hindari makan secara terburu-buru

    Makan dengan terburu-buru dapat meningkatkan risiko aerofagia dan membuat makanan tidak tercerna sempurna di mulut.
  • Jangan langsung berbaring

    Anda tidak boleh langsung tidur setelah sahur. Beri jeda waktu 1–2 jam untuk memastikan makanan dicerna dengan baik.

  • Hindari konsumsi soda

    minuman yang mengandung soda, kafein, dan makanan ringan siap saji dapat menambah produksi gas. Makanan tersebut dapat memperburuk gejala perut kembung.

Minumlah cukup air putih, minimal delapan gelas sehari. Anda dapat membagi komposisinya menjadi dua gelas saat sahur, dua gelas saat buka puasa, dan empat gelas di antara buka puasa dan sahur.

Selain itu, jangan lupa tetap menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan aktivitas fisik atau olahraga ringan minimal tiga kali per minggu.

Jika masih mengalami perut kembung, HerbaVOMITZ dapat menjadi solusi yang tepat. HerbaVOMITZ adalah obat herbal modern, dibuat dari herbal alami yaitu jahe yang diproses dengan teknologi modern. Obat ini berkhasiat membantu meredakan kembung dan mual.

HerbaVOMITZ telah melewati uji toksikologi, uji pra klinis, uji khasiat, sehingga aman dan efektif untuk mengatasi kembung dan mual. Keunggulan HerbaVOMITZ adalah hangat dan cepat mengatasi masalah perut. Obat ini juga aman karena 100 persen herbal dan sudah tersertifikasi halal.

HerbaVOMITZ tersedia dalam bentuk tablet dan sirup, serta dapat dibeli di Indomaret dan Alfamart terdekat.

Dengan melakukan kiat di atas, Anda dapat menjalani puasa dengan nyaman dan bebas dari gangguan perut kembung. Selamat mencoba!

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar