Diet dan Nutrisi

Makanan dan Minuman Ini Efektif untuk Daya Ingat Anda

dr. Theresia Rina Yunita, 11 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ingin punya daya ingat yang tajam? Beberapa makanan ini dapat meningkatkan ketajaman memori Anda.

Makanan dan Minuman Ini Efektif untuk Daya Ingat Anda

Otak adalah organ yang menggunakan energi dalam jumlah yang cukup signifikan, yakni sekitar 20 persen dari seluruh kalori yang masuk dalam tubuh. Karenanya, otak memerlukan ‘bahan bakar’ yang baik untuk menjaga daya ingat dan konsentrasi sepanjang hari.

Tak dimungkiri, nutrisi berperan penting dalam proses metabolisme di dalam otak. Selain itu, proses pembentukan dan penyimpanan memori pun dipengaruhi oleh komponen nutrisi, seperti lemak, vitamin, mineral, dan antioksidan. 

Agar nutrisi untuk otak terpenuhi, konsumsilah beberapa makanan penambah daya ingat berikut ini:

1. Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Ingin Ngemil dan Tetap Langsing?  Makan Kacang-kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan mengandung asam lemak omega-3 dan antioksidan, sehingga termasuk makanan yang dapat meningkatkan daya ingat.

Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dimuat di the Journal of Nutrition, Health, and Aging.

Penelitian tersebut menemukan, asupan kacang-kacangan yang tinggi berhubungan dengan fungsi otak yang baik di usia tua. Antioksidan dalam kacang-kacangan dapat melindungi sel otak dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Jeruk

Cara Menghilangkan Plak Gigi dengan Buah Jeruk

Anda bisa mendapatkan hampir semua vitamin C yang Anda butuhkan dalam sehari dengan makan satu buah jeruk ukuran sedang.

Menurut sebuah penelitian, kadar vitamin C yang lebih tinggi dalam darah dikaitkan dengan peningkatan fokus, memori, perhatian, dan kecepatan dalam mengambil keputusan pada seseorang.

3. Bluberi

Selain rasanya enak, bluberi juga baik sebagai makanan yang membuat daya ingat kuat. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi dalam bluberi ternyata mampu mengurangi proses penurunan daya ingat akibat proses penuaan. 

Selain bluberi, buah-buahan lain, seperti pomegranate atau delima juga termasuk ke dalam makanan yang meningkatkan daya ingat. 

Artikel Lainnya: Segudang Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Otak

4. Alpukat

Jangan Simpan Alpukat di Dalam Kulkas

Buah ini mengandung lemak baik yang berguna bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Tak hanya itu, lemak yang terkandung dalam alpukat pun baik untuk otak.

Tidak seperti makanan lainnya, lemak pada alpukat adalah lemak tunggal tidak jenuh (monounsaturated fatty acid). Ini merupakan jenis lemak yang dibutuhkan sel otak dalam proses pembentukan dan penyimpanan daya ingat. 

5. Apel

10 Fakta Menakjubkan dari Apel (French Cat/Shutterstock)

Buah lainnya yang tidak kalah baik sebagai makanan untuk daya ingat Anda adalah apel. Manfaat ini diperoleh dari salah satu kandungannya, antosianin yang merupakan jenis antioksidan untuk meningkatkan memori otak Anda.

Perlu diingat, saat mengonsumsi apel, Anda tidak dianjurkan untuk membuang kulitnya. Pasalnya, pada kulit apel terkandung kuersetin dan antioksidan yang dapat menurunkan risiko Alzheimer.

6. Telur

Telur Ayam

Salah satu makanan yang mudah ditemukan sekaligus mudah diolah adalah telur. Telur kaya akan nutrisi, termasuk vitamin B6, B12, dan asam folat yang sangat baik untuk kesehatan sel saraf di otak.

Telur juga mengandung omega-3 yang juga baik untuk otak. Itulah sebabnya, telur menjadi makanan peningkat daya ingat yang sayang untuk Anda lewatkan.

7. Brokoli

Brokoli Dapat Mencegah Penyakit Osteoartritis?

Brokoli merupakan sumber serat yang rendah kalori dan baik untuk otak. Brokoli mengandung glukosinolat yang akan dipecah menjadi isothiocyanate di dalam tubuh.

Zat tersebut dapat mengurangi stres oksidatif dan menurunkan risiko penyakit saraf. Selain itu, brokoli juga termasuk sebagai makanan untuk daya ingat, karena mengandung vitamin C dan flavonoid yang baik untuk otak.

8. Ikan Salmon

Manfaat Ikan Salmon untuk Meredakan Nyeri Sendi

Ikan salmon adalah salah satu makanan yang meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Jenis ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 yang memiliki peran penting dalam proses pembentukan daya ingat di otak.

Selain salmon, ikan yang juga termasuk ke dalam makanan untuk daya ingat, antara lain sarden dan haring. Keduanya memiliki kandungan omega-3 yang berguna untuk ketajaman ingatan.

9. Teh

Cegah Karies Gigi pada Anak dengan Teh Hijau

Teh bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, karena mengandung kafein dan antioksidan. Kafein memiliki manfaat alami dalam meningkatkan konsentrasi, sehingga turut membantu proses pembentukan daya ingat di otak.

Artikel Lainnya: Cara Meningkatkan Konsentrasi Otak dengan Mudah dan Efektif

10. Kopi

Sering Sakit Perut Usai Minum Kopi, Apa yang Salah? (Chalermsak/Shutterstock)

Sama halnya dengan teh, kopi mengandung kafein dan antioksidan yang dapat menjaga daya ingat jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Selain kopi, cokelat hitam atau dark chocolate juga termasuk minuman yang baik untuk membantu meningkatkan daya ingat Anda.

11. Coklat

Fakta di Balik Minuman Cokelat Panas

Pilihlah dark chocolate yang tinggi akan flavonoid dan kafein. Flavonoid dalam cokelat membantu otak dalam proses pembelajaran dan meningkatkan memori. 

Menurut sebuah penelitian di lebih dari 900 orang, mereka yang makan cokelat lebih sering memiliki kinerja lebih baik dalam serangkaian tugas dibandingkan dengan mereka yang jarang memakannya.

Kini. Anda telah mengetahui apa saja minuman dan makanan yang baik untuk daya ingat. Konsumsilah asupan yang baik untuk otak tersebut dan kombinasikan bersama makanan sehat lainnya.

Dengan konsumsi teratur, ditunjang makanan sehat lain, daya ingat Anda akan makin terasah ketajamannya. Daya ingat yang baik dapat menolong Anda untuk efektif dalam belajar, bekerja, dan beraktivitas sehari-hari. Semoga bermanfaat!

Untuk berkonsultasi langsung terkait masalah kesehatan lainnya, silakan gunakan layanan LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(PUT/AYU)

Daya IngatNutrisi

Konsultasi Dokter Terkait