Sukses

Makanan dan Minuman Ini Efektif untuk Daya Ingat Anda

Ingin punya daya ingat yang tajam? Beberapa makanan ini dapat meningkatkan ketajaman memori Anda.

Otak adalah organ yang menggunakan energi dalam jumlah yang cukup signifikan, yakni sekitar 20 persen dari seluruh kalori yang masuk dalam tubuh. Karenanya, otak memerlukan ‘bahan bakar’ yang baik untuk menjaga daya ingat dan konsentrasi sepanjang hari.

Tak dimungkiri, nutrisi berperan penting dalam proses metabolisme di dalam otak. Selain itu, proses pembentukan dan penyimpanan memori pun dipengaruhi oleh komponen nutrisi, seperti lemak, vitamin, mineral, dan antioksidan. 

Agar nutrisi untuk otak terpenuhi, konsumsilah beberapa makanan untuk daya ingat Anda berikut ini:

1 dari 6 halaman

1. Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan mengandung asam lemak omega-3 dan antioksidan sehingga termasuk makanan untuk daya ingat. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dimuat di the Journal of Nutrition, Health, and Aging.

Penelitian tersebut menemukan, asupan kacang-kacangan yang tinggi berhubungan dengan fungsi otak yang baik di usia tua. Antioksidan dalam kacang-kacangan dapat melindungi sel otak dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Artikel Lainnya: Kerap Dikonsumsi, Ini Ragam Makanan yang Buruk bagi Otak

2. Bluberi

Selain rasanya enak, bluberi juga baik sebagai makanan untuk daya ingat. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi dalam bluberi ternyata mampu mengurangi proses penurunan daya ingat akibat proses penuaan. 

Selain bluberi, buah-buahan lain, seperti pomegranate atau delima juga termasuk ke dalam makanan yang meningkatkan daya ingat. 

2 dari 6 halaman

3. Alpukat

Salah satu makanan untuk daya ingat lainnya adalah buah alpukat. Buah ini mengandung lemak baik yang berguna bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Tak hanya itu, lemak yang terkandung dalam alpukat pun baik untuk otak.

Tidak seperti makanan lainnya, lemak pada alpukat adalah lemak tunggal tidak jenuh (monounsaturated fatty acid). Ini merupakan jenis lemak yang dibutuhkan sel otak dalam proses pembentukan dan penyimpanan daya ingat. 

4. Apel

Buah lainnya yang tidak kalah baik sebagai makanan untuk daya ingat Anda adalah apel. Manfaat ini diperoleh dari salah satu kandungannya, antosianin yang merupakan jenis antioksidan untuk meningkatkan memori otak Anda.

Artikel Lainnya: Fungsi Otak Bisa Turun Akibat Kesehatan Mulut yang Buruk

Perlu diingat, saat mengonsumsi apel, Anda tidak dianjurkan untuk membuang kulitnya. Pasalnya, pada kulit apel terkandung kuersetin dan antioksidan yang dapat menurunkan risiko Alzheimer.

3 dari 6 halaman

5. Telur

Salah satu makanan yang mudah ditemukan sekaligus mudah diolah adalah telur. Telur kaya akan nutrisi, termasuk vitamin B6, B12, dan asam folat yang sangat baik untuk kesehatan sel saraf di otak.

Telur juga mengandung omega-3 yang juga baik untuk otak. Itulah sebabnya, telur menjadi makanan peningkat daya ingat yang sayang untuk Anda lewatkan.

6. Brokoli

Brokoli merupakan sumber serat yang rendah kalori dan baik untuk otak. Brokoli mengandung glukosinolat yang akan dipecah menjadi isothiocyanate di dalam tubuh. Zat tersebut dapat mengurangi stres oksidatif dan menurunkan risiko penyakit saraf.

Selain itu, brokoli juga termasuk sebagai makanan untuk daya ingat karena mengandung vitamin C dan flavonoid yang baik untuk otak. 

Artikel Lainnya:  Konsumsi Ikan dapat Turunkan Risiko Gangguan Otak

4 dari 6 halaman

7. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah salah satu makanan yang meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Jenis ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 yang memiliki peran penting dalam proses pembentukan daya ingat di otak.

Selain salmon, ikan yang juga termasuk ke dalam makanan untuk daya ingat, antara lain sarden dan haring. Keduanya memiliki kandungan omega-3 yang berguna untuk ketajaman ingatan.

8. Teh

Teh bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat karena mengandung kafein dan antioksidan. Kafein memiliki manfaat alami dalam meningkatkan konsentrasi sehingga turut membantu proses pembentukan daya ingat di otak.

5 dari 6 halaman

9. Kopi

Sama halnya dengan teh, kopi mengandung kafein dan antioksidan yang dapat menjaga daya ingat jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Selain kopi, cokelat hitam atau dark chocolate juga termasuk minuman yang baik untuk membantu meningkatkan daya ingat Anda.

Kini Anda telah mengetahui apa saja minuman dan makanan yang baik untuk daya ingat. Konsumsilah asupan yang baik untuk otak tersebut dan kombinasikan bersama makanan sehat lainnya.

Dengan konsumsi teratur, ditunjang makanan sehat lain, daya ingat Anda akan makin terasah ketajamannya. Daya ingat yang baik dapat menolong Anda untuk efektif dalam belajar, bekerja, dan beraktivitas sehari-hari. Semoga bermanfaat!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar