Sukses

5 Makanan yang Efektif Mengasah Daya Ingat

Ingin punya daya ingat yang lebih tajam? Inilah 5 makanan yang harus Anda konsumsi secara teratur untuk menjaga ketajaman otak Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Menjaga daya ingat dalam kondisi prima wajib Anda lakukan. Sebab dengan daya ingat yang kuat, Anda akan terhindar dari pikun, demensia, hingga Alzheimer. Ketajaman otak Anda dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti genetik, proses perkembangan otak, usia, kesehatan sel-sel otak serta pembuluh darah otak, dan yang tidak kalah penting adalah nutrisi.

Nutrisi berperan penting karena merupakan bahan bakar untuk proses metabolisme di dalam otak. Selain itu, proses pembentukan dan penyimpanan memori juga dipengaruhi oleh komponen nutrisi seperti lemak, protein, vitamin, mineral dan antioksidan.

Nah, jika Anda ingin memiliki daya ingat yang lebih tajam, berikut 5 makanan yang disarankan untuk dikonsumsi:

  1. Ikan salmon

    Mengosumsi ikan salmon baik untuk mengasah daya ingat. Karena jenis ikan ini kaya akan omega-3, yang memiliki peranan penting dalam proses pembentukan daya ingat di otak.

    Selain dari ikan salmon, Anda juga bisa menemukan omega-3 pada telur, minyak ikan, ikan hering, dan ikan sarden.

  2. Alpukat

    Tidak seperti makanan lainnya, lemak pada alpukat adalah lemak tunggal tidak jenuh (monounsaturated fatty acid). Ini merupakan jenis lemak baik yang dibutuhkan sel otak dalam proses pembentukan dan penyimpanan daya ingat.

  3. Biji-bijian dan kacang-kacangan

    Biji-bijian dan kacang-kacangan baik untuk mengasah daya ingat, karena memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Kacang tanah, kacang almond, kacang mete, biji bunga matahari, wijen, dan gandum adalah beberapa jenis biji-bijian dan kacang-kacangan yang baik untuk mengasah daya ingat Anda.

  4. Blueberry

    Selain rasanya enak, blueberry juga baik untuk mengasah daya ingat Anda. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi dalam blueberry ternyata mampu mengurangi proses penurunan daya ingat akibat proses penuaan. Selain blueberry, buah-buahan lain seperti pomegranate atau delima juga baik untuk menjaga daya ingat Anda.

  5. Teh

    Teh bermanfaat untuk mengasah daya ingat karena mengandung kafein dan antioksidan. Ini karena kafein memiliki manfaat alami dalam meningkatkan konsentrasi, sehingga turut membantu proses pembentukan daya ingat di otak.

    Selain teh, cokelat hitam dan kopi juga mengandung kafein dan antioksidan yang baik untuk menjaga daya ingat jika dikonsumsi dalam jumlah tepat.

Nah, cobalah mengonsumsi 5 jenis makanan di atas dengan teratur. Dengan begitu, daya ingat Anda akan semakin terasah ketajamannya. Dengan daya ingat yang baik, performa Anda dalam belajar, bekerja, dan beraktivitas sehari-hari akan menjadi lebih baik. Dan Anda pun akan menjadi lebih produktif.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar