Sukses

Kelainan Kelamin yang Sering Terjadi pada Anak Laki-Laki

Waspadai kelainan kelamin pada anak laki-laki Anda. Apa saja kondisi yang sering terjadi?

Klikdokter.com, Jakarta Ada beragam kelainan kelamin pada anak laki-laki yang sering dikeluhkan oleh para orangtua. Beberapa diantaranya membutuhkan penanganan segera agar tidak berbahaya bagi anak.

Berikut ini adalah beberapa kelainan kelamin pada anak laki-laki yang perlu Anda ketahui:

  1. Mikropenis

    Mikropenis adalah ukuran penis lebih kecil dari ukuran rata-rata. Penis anak dikatakan kecil bila hasil ukurannya kurang dari 2,5 cm. Ukuran normal penis bayi adalah 3–3,5 cm.

    Biasanya kondisi ini disebabkan gangguan hormon sehingga dokter akan melakukan terapi hormonal.

  2. Hipospadia & Epispadia

    Lubang kencing normalnya berada di ujung penis. Namun, pada beberapa anak lubang ini dapat berada di bawah batang penis (hipospadia) atau di atas (epispadia). Hal ini menyebabkan pancuran air urine yang tidak normal.

    Kedua kondisi ini dapat dikoreksi melalui operasi plastik dengan memindahkan lubang kencing pada posisinya.

  3. Fimosis

    Penis ditutupi oleh kulit lebih atau kulup. Ketika kulup sangat kecil, ini disebut sebagai fimosis. Kondisi ini menyebabkan kesulitan buang air kecil, penis bengkak, dan nyeri.

    Tindakan yang dilakukan untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan sunat.

  4. Undescended Testicles (UDT)

    UDT merupakan kondisi ketika testis tidak turun. Batas usianya adalah usia 2 tahun. Jika testis belum turun pada usia 2 tahun, ini akan memengaruhi kesuburan anak tersebut.

    Prosedur untuk memperbaiki kelainan ini. sebaiknya jika anak berusia 6 bulan hingga 1 tahun dan testis belum turun, maka perlu dilakukan terapi hormonal atau pembedahan.

  5. Hidrokel

    Hidrokel merupakan pembengkakan buah zakar akibat penumpukan cairan. Bila hidrokel yang dialami anak terasa nyeri, orang tua perlu membawa anak ke dokter untuk dilakukan tindakan.

Jika anak sudah berusia 2 tahun dan masih mengalami kelainan ini, sebaiknya dilakukan tindakan pembedahan.

Dengan mengenali kelima kelainan pada kelamin anak laki-laki yang diuraikan di atas, Anda para orang tua yang memiliki anak laki-laki memang perlu waspada. Karena beberapa kelainan kelamin di atas dapat memengaruhi kesuburan anak kelak saat dewasa.

[RS/ RVS]

1 Komentar