Sukses

Kerang Laut Bisa Tingkatkan Gairah Seks, Apa Benar?

Kerang memang enak dan kaya manfaat. Bahkan katanya, makanan ini bisa menjadi penambah vitalitas pria dan libido wanita. Benarkah?

Kerang laut, kerang dara, dan berbagai jenis kerang lainnya sering disebut sebagai makanan pembangkit gairah seks atau aphrodisiac. Diambil dari nama Aphrodite, dewi cinta dari Yunani, makanan ini disinyalir dapat memicu perasaan cinta dan kasih.

Lalu, apakah benar khasiat kerang laut sebagai makanan penambah vitalitas pria dan libido wanita? Ini faktanya!

 

1 dari 3 halaman

Kandungan Kerang Laut yang Tingkatkan Gairah

Khasiat kerang laut untuk kesehatan memang tak diragukan. Ini berkat kandungan protein yang tinggi di dalamnya, Selain itu, terdapat pula zink dan zat besi yang berfungsi mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh dan penting untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Zink juga penting dalam membantu produksi hormon testosterone, pembentukan sperma pada pria, dan menjaga libido pria serta wanita. Inilah mengapa manfaat kerang sering dikaitkan sebagai makanan penunjang gairah seks.

Artikel lainnya: 7 Kebiasaan Ini Bisa Tingkatkan Libido Anda

Menurut The Food Journal and Food, Nutrition & Science, kerang termasuk makanan aphrodisiac karena bentuknya yang memiliki kemiripan dengan organ seksual manusia. Begitu pula dari segi bau dan teksturnya. Kombinasi dari sensasi inilah yang pada akhirnya dapat membangkitkan serta meningkatkan semangat dan gairah seks.

Namun pada era sekarang ini, pengertian makanan aphrodisiac sebagai peningkat gairah seks sudah bergeser. Makanan pembangkit gairah yang terbaik sebenarnya adalah makanan yang menyehatkan sekaligus dapat menghangatkan suasana saat Anda menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta.

2 dari 3 halaman

Manfaat Lain Kerang bagi Kesehatan

Kerang termasuk salah satu sumber makanan yang menyehatkan. Makanan laut ini kaya protein, rendah lemak, serta mengandung banyak vitamin dan mineral. Apa sajakah manfaat kerang bagi kesehatan?

1. Membantu Sistem Kekebalan Tubuh Bekerja dengan Baik

Satu porsi kerang (setara dengan 100 g) sudah memenuhi kebutuhan harian zink tubuh serta 80 persen kebutuhan vitamin D. Keduanya diperlukan untuk kerja sistem imunitas tubuh yang baik.

Manfaat kerang lainnya adalah kaya akan mineral tembaga. Kekurangan tembaga itu sendiri dapat memengaruhi jumlah sel darah putih. Padahal, sel darah putih merupakan salah satu senjata sistem kekebalan tubuh Anda.

Artikel lainnya: Libido Wanita Sebenarnya Lebih Tinggi Daripada Pria, Benar atau Tidak

2. Mengatasi Kekurangan Darah atau Anemia

Anemia sering kali ditandai dengan hemoglobin yang rendah. Walaupun banyak penyebab dari anemia, namun salah satu pemicu utamanya adalah faktor nutrisi.

Kecukupan akan zat besi dan vitamin B12, yang ditemukan secara melimpah pada kerang, merupakan faktor nutrisi yang berperan mencegah anemia.

3. Kaya Antioksidan

Antioksidan merupakan zat yang diperlukan tubuh untuk melawan berbagai kerusakan sel akibat radikal bebas. Kerang kaya akan mineral selenium yang merupakan antioksidan kuat.

Kerang juga mengandung zat antioksidan khusus yang menurut beberapa studi dapat melindungi organ hati. Karena itu, manfaat kerang bagi kesehatan pria maupun wanita tak bisa disepelekan.

4. Tinggi Protein

Kerang merupakan makanan tinggi protein. Selain itu, kerang dianggap lengkap karena mengandung sembilan asam amino esensial yang diperlukan tubuh. Protein sendiri merupakan makronutrien yang diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh, sehingga wajib ada sumber protein setiap kali makan.

Protein berperan dalam hampir semua proses biologis dalam tubuh. Manfaat utamanya adalah sebagai zat pembangun serta membantu menggantikan jaringan tubuh yang rusak.

Meskipun secara teori kerang laut dapat meningkatkan gairah seks, Anda tidak perlu menghabiskan sampai lusinan kerang laut untuk menambah libido. Ingat bahwa gairah seksual dipengaruhi juga oleh banyak faktor, mulai dari hubungan personal dengan pasangan, mood, image tubuh, dan lainnya.

Jadi, jika Anda memiliki masalah dengan hasrat seksual, terutama apabila sudah berlangsung beberapa lama, janganlah ragu untuk berkonsultasi kepada dokter-dokter kami. Gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[NWS/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar