Sukses

Benarkah Buah Manggis Bermanfaat untuk Tulang?

Anda mungkin pernah mendengar bahwa buah manggis berkhasiat untuk kesehatan tulang. Mitos atau fakta?

Klikdokter.com, Jakarta Buah manggis (Garcinia Mangostana) merupakan buah tropis yang banyak terdapat di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Selain daging buahnya, kulit dan ranting manggis mengandung komponen aktif –seperti xanthone, yang merupakan antioksidan. Namun benarkah buah manggis bermanfaat untuk tulang?

Sejauh ini belum ditemukan bukti ilmiah mengenai efek buah manggis terhadap kesehatan tulang. Penelitian yang dilakukan terhadap subjek manusia juga masih sangat sedikit.

Namun, ekstrak buah manggis terbukti mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, serta bakteri dan jamur jenis tertentu. Sayangnya, khasiat ini baru ditemukan pada eksperimen di laboratorium. Masih sedikit studi yang dilakukan pada subjek manusia.

Beberapa khasiat lain dari buah manggis berdasarkan hasil penelitian yaitu:

  1. Antioksidan

    Salah satu manfaat dari buah manggis yang paling populer adalah efek antioksidan. Jadi, buah manggis mampu mengurangi jumlah oksidasi lemak pada tubuh. Oksidasi lemak dapat mengeluarkan zat-zat beracun yang bisa merusak sel-sel tubuh.
  2. Antiinflamasi

    Pada suatu penelitian, pemberian gel topikal yang mengandung ekstrak buah manggis mampu mengurangi peradangan yang terjadi pada gusi dan gigi. Pada penelitian lain, ekstrak buah manggis mampu menurunkan kadar CRP (C-reactive protein) yang merupakan suatu penanda peradangan.
  3. Antikanker

    Buah manggis mampu menghambat pertumbuhan tumor dan menghancurkan sel tumor. Studi yang dilakukan terhadap responden dengan kanker payudara, serta kanker prostat, menunjukkan ekstrak buah manggis dapat mengurangi besarnya tumor dan mengurangi jumlah pembuluh darah yang terdapat pada sel tumor tersebut.

  4. Antibakteri

    Pada suatu penelitian yang dilakukan terhadap subjek dengan karies gigi, pemberian ekstrak buah manggis dalam bentuk obat kumur dapat mengurangi jumlah bakteri yang menyebabkan karies gigi.

Nah, demikian tadi beberapa manfaat buah manggis berdasarkan hasil penelitian. Terkait manfaat buah manggis terhadap kesehatan tulang, sejauh ini belum ditemukan bukti ilmiahnya. Walaupun sudah didapatkan banyak manfaat dari buah manggis, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar