Perawatan Wanita

17 Cara Mengecilkan Payudara secara Alami

dr. Sara Elise Wijono MRes, 22 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tidak percaya diri dengan ukuran payudara besar yang kamu miliki? ketahui bagaimana cara mengecilkan payudara secara alami di sini.

17 Cara Mengecilkan Payudara secara Alami

Di saat banyak wanita menginginkan bentuk payudara yang besar, tak jarang juga yang ingin memiliki payudara lebih kecil sehingga mereka mencari berbagai cara untuk mengecilkan payudara.

Payudara tersusun atas jaringan lemak dengan reseptor hormon. Perubahan hormon dalam tubuh dapat menyebabkan jaringan payudara membesar.

Beberapa faktor lain yang menjadi pemicu payudara berukuran besar, yaitu kehamilan, kegemukan (obesitas), penggunaan obat-obatan tertentu, dan genetik.

Pada beberapa wanita, kondisi payudara mungkin akan kembali ke ukuran semula setelah faktor tersebut teratasi. Misalnya, setelah melahirkan atau setelah berat badan kembali ideal.

Namun pada sebagian orang, ukuran payudara bisa menetap, terutama mereka yang memiliki faktor genetik.

Ukuran payudara dapat dimodifikasi dengan tindakan pembedahan. Namun, beberapa orang ingin menghindari operasi karena khawatir akan efek sampingnya. Lalu, bagaimana cara alami mengecilkan payudara wanita? Berikut beberapa tipsnya:

1. Olahraga Kardio

Melakukan olahraga kardio secara teratur dapat mengurangi komposisi lemak dalam tubuh, termasuk di payudara. Kamu dapat memilih lari, jalan pagi, atau lompat tali.

Jika kamu mengalami kesulitan, lakukan kardio berintensitas rendah seperti sepeda statis atau treadmill.

Tidak hanya dapat menjadi cara memperkecil payudara alami, jenis olahraga ini bisa membantu kamu memperoleh bentuk payudara yang ideal.

Artikel Lainnya: Payudara Besar Sebelah, Normal atau Tidak?

2. Olahraga Kekuatan

Kamu juga dapat melakukan olahraga yang fokus untuk meningkatkan kekuatan di bagian dada dan tubuh bagian atas. Kegiatan yang dapat kamu lakukan, misalnya push up dan bench press.

Jangan lupa gunakan bra olahraga agar lebih nyaman sekaligus mencegah payudara kendur.

3. Aerobik

Olahraga jenis aerobik juga dapat dilakukan sebagai salah satu tips mengecilkan payudara.

Aerobik diketahui mampu mempercepat tingkat metabolisme yang akan mengurangi komposisi lemak dalam tubuh, sehingga membantu mengecilkan ukuran buah dada.

Jenis kegiatan aerobik yang dapat kamu coba, misalnya naik turun tangga, bersepeda, dan jalan cepat.

4. Yoga

Cara mengecilkan payudara secara alami selanjutnya adalah yoga. Gerakan-gerakan pada yoga dapat membantu mengencangkan otot, termasuk payudara, dan membuat ukurannya lebih mengecil.

Selain itu, yoga juga memiliki efek positif lain seperti menimbulkan rasa nyaman dan tenang.

5. Pola Makan Sehat

Menjaga pola makan tetap sehat dapat membantu menurunkan ukuran payudara. Perbanyak konsumsi ikan karena mengandung lemak sehat. Selain itu, bila mengonsumsi daging, pilihlah daging tanpa lemak dan diolah dengan sedikit minyak.

Batasi konsumsi makanan berpengawet yang tinggi garam dan gula. Sebagai gantinya, perbanyaklah makan buah dan sayur.

Artikel Lainnya: Hal-Hal yang Tidak Boleh Dilakukan untuk Jaga Kesehatan Payudara

6. Teh Hijau

Teh hijau bisa membantu meningkatkan metabolisme serta kaya akan antioksidan. Tak heran bila minum teh hijau dapat membantu tubuh dalam membakar lemak dan kalori, termasuk lemak dari payudara.

Karena itu, konsumsi teh hijau dapat menjadi salah satu cara alami mengecilkan payudara.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan asam lemak omega-3 yang merupakan sumber lemak baik serta sebagai salah satu pembentuk hormon, di antaranya hormon estrogen.

Dengan ini, kacang-kacangan dapat membantu mengatur kadar hormon estrogen sehingga bisa mengecilkan payudara.

8. Jahe

Selain kacang-kacangan, kamu juga bisa mengonsumsi jahe sebagai cara mengecilkan payudara.

Pasalnya, jahe dapat membantu meningkatkan laju metabolisme pada tubuh sehingga bisa lebih banyak membakar lemak pada payudara.

 

9. Putih Telur

Putih telur dapat digunakan untuk mengencangkan kulit di area payudara, sehingga payudara terlihat lebih kecil dan tidak kendur.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengocok putih telur sampai membentuk krim halus, kemudian oleskan pada bagian bawah payudara. Tunggu sampai 30 menit, lalu bilas dengan air jus bawang.

Artikel Lainnya: Payudara Besar atau Kecil, Mana yang Lebih Ideal?

10. Kopi

Mengonsumsi kopi setiap hari bisa membatasi penyerapan lemak pada tubuh. Jadi, secara otomatis mampu mencegah terbentuknya lemak pada payudara.

Namun, jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsi kopi. Pasalnya, hal ini bisa membuat payudara menjadi benar-benar kecil dan keras.

11. Pijat Payudara

Terkadang, ukuran payudara bertambah karena sedang bengkak. Salah satu penyebabnya adalah retensi cairan.

Nah, cara mengecilkan payudara yang sedang bengkak bisa dibantu pijat. Hal ini dapat membantu mengeluarkan kelebihan cairan pada payudaramu.

12. Biji Rami

Konsumsi flax seed atau biji rami dapat menjadi cara mengecilkan buah dada secara alami.

Perlu diketahui, ketidakseimbangan hormonal dapat menyebabkan pertumbuhan payudara. Biji rami dengan kandungan omega-3 di dalamnya bisa membantu pengaturan hormon, khususnya estrogen.

13. Bebat

Tips mengecilkan payudara yang bisa dicoba adalah dengan membebat area dada. Hal ini akan membuat payudara tampak lebih kecil.

Tentunya, tips ini tidak akan memberikan hasil permanen. Namun, dapat membantu payudara tampak lebih kecil secara mudah.

Pastikan kamu tidak membebat terlalu kencang, jadi tetap dapat bernapas secara nyaman.

Artikel Lainnya: Benarkah Konsumsi Kedelai Bisa Besarkan Payudara?

14. Ganti Bra

Sama seperti bebat, mengganti bra juga dapat memberikan ilusi payudara tampak lebih kecil. Pilihlah jenis bra yang membuat payudara tampak lebih ‘gepeng’, serta hindari bra dengan bantalan seperti push-up bra.

Pilih juga bra dengan tali yang tebal sehingga menyokong payudara dengan baik. Hal ini dapat mengurangi keluhan nyeri leher dan nyeri dada pada wanita dengan ukuran payudara besar.

15. Minyak Ikan

Minyak ikan merupakan sumber asam lemak yang baik untuk pengaturan hormonal tubuh. Kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk suplemen atau perbanyak konsumsi ikan-ikanan.

16. Turunkan Berat Badan

Bagi kamu yang kelebihan berat badan, cara mengecilkan payudara secara alami tanpa efek samping adalah dengan menurunkan berat badan. Sebaiknya, hal ini dilakukan secara bertahap dan konsisten.

Penurunan berat badan akan turut mengurangi jaringan lemak pada payudara, sehingga payudara tampak lebih kecil.

17. Pemilihan Baju

Pemilihan baju dapat membuat payudara tampak lebih kecil. Gunakan pakaian berwarna gelap dengan detail minimal pada area dada. Hindari pakaian dengan potongan leher yang rendah.

Bagi kamu yang ingin mengecilkan payudara, cara-cara mengecilkan payudara denagn cepat di atas dapat dicoba di rumah.

Kamu masih penasaran dengan topik ini? Yuk, konsultasikan dengan dokter melalui fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

[WA]

Kesehatan PayudaraPayudara

Konsultasi Dokter Terkait