Sukses

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Stroberi

Salah satu buah superfood ini ternyata bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Yuk, intip manfaat stroberi lebih jauh.

Di masa pandemi corona seperti ini, banyak cara meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa Anda temukan di berbagai platform media sosial. Mulai dari berolahraga sederhana ataupun membuat makanan sehat.

Nah, salah satunya dengan menambahkan buah stroberi dalam sajian makanan sehat Anda. Selain rasanya yang nikmat dan menyegarkan, ternyata manfaat stroberi juga melimpah. Simak cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi buah superfood ini, yuk!

 

1 dari 3 halaman

Stroberi untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Stroberi yang umumnya merah menawan ini mengandung vitamin, mineral, serat, antioksidan, dan fitonutrien yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Terlebih, stroberi mengandung vitamin C hingga 1,4 kali dari kebutuhan vitamin C harian Anda.

Kandungan vitamin C di dalam stroberi lebih tinggi daripada jeruk yang sering digadang sebagai buah sumber vitamin C yang baik. Hal ini membuat stroberi dapat memperoleh predikat sebagai buah untuk daya tahan tubuh. Dengan demikian, Anda pun tidak mudah jatuh sakit akibat flu.

Di dalam 100 gram stroberi yang segar terkandung 58,8 mg vitamin C. Pada sebuah penelitian mengenai manfaat stroberi bagi tubuh manusia yang dimuat di Journal of Agricultural and Food Chemistry, ditemukan bahwa beberapa saat setelah mengonsumsi stroberi yang segar, kandungan vitamin C di dalam darah meningkat signifikan.

Vitamin C pada buah stroberi merupakan vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh, karena ditemukan dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh dalam melawan beberapa kuman penyebab penyakit.

Pada sebuah penelitian di Jerman mengenai vitamin C dan fungsi ketahanan tubuh ditemukan bahwa pada orang dengan kekurangan vitamin C, ketahanan tubuh orang tersebut terhadap kuman penyebab penyakit menjadi lebih rendah.

Artikel lainnya: Kenali Manfaat Aneka Jenis Buah Berry bagi Kesehatan Anda

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Stroberi bagi Kesehatan

Sekarang Anda sudah tahu bahwa mengonsumsi stroberi bisa menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh.

Kaya akan antioksidan dan serat, manfaat stroberi diketahui memang melimpah. Mulai dari menurunkan risiko terhadap penyakit jantung, degenerasi makula, diabetes, dan katarak. Tak hanya itu, stroberi juga memberikan khasiat kesehatan berikut ini:

1. Membantu Penyerapan Zat Besi

Karena bersifat asam dan mengandung banyak vitamin C, manfaat stroberi lainnya juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi yang dapat turut membantu memelihara kesehatan Anda.

2. Melawan Kanker

Dalam stroberi terkandung zat yang bernama asam ellagic yang diteliti dapat menekan perkembangan sel kanker. Kandungan antikarsinogenik lainnya dan antioksidan yang terdapat dalam stroberi juga turut berperan dalam melawan kanker.

Artikel lainnya: Stroberi, Si Merah untuk Cegah Kurang Darah

3. Mengatasi Rematik

Manfaat stroberi juga termasuk sebagai antiradang. Kandungan antioksidannya ditemukan dapat membantu mengatasi peradangan akibat rematik. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard University, Amerika Serikat, wanita yang rutin mengonsumsi 16 stroberi per minggu memiliki risiko terkena rematik 14 persen lebih rendah.

4. Manfaat Lain

Makan stroberi, tidak perlu takut gemuk. Satu gelas stroberi (kurang lebih 320 gram) hanya mengandung 45 kalori, tanpa lemak. Dengan terhindar dari kegemukan maka tubuh juga terhindar dari tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan pembuluh darah, stroke, diabetes mellitus tipe 2, dan sindrom metabolik.

Ternyata stroberi memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan. Bahkan, bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda tak perlu berurusan dengan penyakit bila rutin mengonsumsi makanan cantik ini.

Jika Anda ingin bertanya mengenai manfaat buah stroberi lainnya, silakan berkonsultasi kepada dokter kami dengan menggunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter. Selamat mencoba kebaikannya!

[NWS/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar