HomeGaya hidupSehat dan Bugar4 Penyebab Badan Lemas Saat Bangun Tidur
Sehat dan Bugar

4 Penyebab Badan Lemas Saat Bangun Tidur

dr. Ellen Theodora, 19 Jun 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Anda sering mengalami badan lemas saat bangun tidur? Keluhan tersebut mungkin terjadi karena beberapa penyebab ini.

4 Penyebab Badan Lemas Saat Bangun Tidur

Tidur merupakan salah satu kegiatan penting bagi tubuh. Saat tidur, tubuh dapat beristirahat sekaligus mengumpulkan energi untuk aktivitas berikutnya. Jika kualitas tidur kurang baik, maka tubuh akan mengalami beberapa keluhan. Nah berikut ini beberapa kondisi yang dapat menyebabkan badan lemas saat bangun tidur:

1. Kurang olahraga

Sebuah studi menyatakan bahwa olahraga secara teratur, sebanyak 3-4 kali seminggu, dapat meningkatkan kualitas tidur. Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga dapat menenangkan diri, meredakan stres, dan membangkitkan suasana hati yang positif. Alhasil, Anda dapat tidur lebih lelap dan tenang. Sebaliknya, kalau Anda kurang berolahraga, kualitas tidur akan memburuk.

2. Terlalu banyak menggunakan gawai di malam hari

Kebiasaan menggunakan gawai sebelum tidur dapat menurunkan kualitas tidur. Anda akan lupa waktu bila sudah bersentuhan dengan gawai, sehingga tidur pun semakin malam bahkan mungkin menjelang dini hari.Bunyi gawai di malam hari, saat ada notifikasi dari media sosial, juga cukup menggangu tidur. Karena itu, Anda sebaiknya mengatur gawai menjadi nonaktif atau mode silent. Alangkah baiknya bila kebiasaan menggunakan gawai sebelum tidur diganti dengan membaca buku, mendengarkan mudik klasik, atau mandi air hangat.

3. Terlalu banyak minum kafein

Anda tentu tahu bahwa kafein berkhasiat menghilangkan kantuk. Jadi bila terlalu banyak mengonsumsi kopi atau teh, tidur Anda di malam hari dapat terganggu.

4. Banyak pikiran

Buanglah semua pikiran tentang masalah pekerjaan, keuangan, keluarga, rencana masa depan, dan sebagainya. Semakin banyak pikiran, otak akan merasa lelah sehingga dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Dengan istirahat yang cukup dan pikiran yang jernih, segala masalah dapat diselesaikan dengan baik.

Nah sekarang Anda tahu bukan, bahwa keluhan badan lemas tidak melulu berhubungan dengan penyakit. Agar tidur Anda menjadi lebih berkualitas, maka hindarilah beberapa penyebab tersebut di atas. Dan jangan lupa juga untuk tidur selama delapan jam sehari serta mengonsumsi makanan kaya nutrisi.

[BA/ RVS]

bangun tidurLemasBadan Lemas

Konsultasi Dokter Terkait