Sukses

Yuk, Berjalan Kaki 10.000 Langkah Setiap Hari

Jalan kaki dikenal punya banyak manfaat bagi kesehatan. Sudahkah Anda berjalan 10.000 langkah per hari?

Sebagian besar pekerja kantoran menghabiskan banyak waktu untuk duduk. Tanpa sadar, waktu untuk bergerak atau melakukan aktivitas fisik semakin berkurang. Padahal, Anda bisa melakukan aktivitas sederhana seperti berjalan kaki di tengah-tengah kesibukan.

Faktanya, para ahli menyarankan untuk berjalan kaki minimal 150 menit dalam seminggu. Jika sudah melampaui target tersebut, Anda ditantang lagi untuk berjalan sebanyak 10.000 langkah sehari atau setara dengan sekitar enam kilometer.

Kampanye ini semakin keras digaungkan karena manfaat jalan 10.000 langkah sudah dirasakan berbagai pihak. Melakukannya pun tak sulit, Anda hanya perlu pandai-pandai dalam mencari ‘celah’ untuk berjalan kaki. Kenali, yuk, apa saja manfaat dari berjalan 10.000 langkah sehari.

1 dari 2 halaman

Apa Manfaat Berjalan Kaki 10.000 Langkah Per Hari?

Penerapan aktivitas fisik seperti berjalan kaki 10.000 langkah per hari cukup sederhana. Apabila biasanya Anda membawa kendaraan pribadi ke kantor, parkirkan kendaraan lebih jauh dari biasanya agar Anda punya kesempatan untuk berjalan kaki.

Contoh lain, turunlah dari kendaran umum pada halte yang berbeda, sehingga Anda berpeluang untuk berjalan kaki untuk mencapai tempat tujuan Anda.

Berjalan 10.000 langkah sehari dipercaya dapat memberikan dampak positif terhadap kesehatan tubuh. Masih ragu untuk melakukannya? Berikut beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh:

1. Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Berolahraga melibatkan pengaturan pernapasan yang baik. Pengembangan paru yang sempurna terjadi ketika berolahraga. Oleh sebab itu, olahraga seperti berjalan 10.000 langkah sehari sangat baik untuk kesehatan paru-paru.

2. Memperlancar Aliran Darah

Saat berolahraga, banyak otot tubuh yang aktif. Dengan aktifnya otot tubuh, maka darah akan dialirkan ke seluruh tubuh untuk menunjang proses gerak tersebut. Oleh karena itu, kegiatan ini sangat membantu memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh.

Artikel Lainnya: Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari bagi Kesehatan

3. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung akan terpacu untuk memompa darah lebih banyak dan lebih efektif selama melakukan kegiatan ini. Tidak heran, peningkatan kesehatan jantung termasuk sebagai manfaat jalan 10.000 langkah sehari.

4. Menambah Stamina dan Kekuatan Otot Kaki

Banyak berjalan akan merangsang otot kaki untuk selalu aktif. Dengan terus menstimulasinya, maka otot akan semakin terlatih untuk menerima beban yang lebih berat. Dengan kata lain, tubuh akan mampu untuk melakukan aktivitas yang lebih berat dan tidak mudah capek.

Artikel Lainnya: Rajin Jalan Kaki Bikin Anda Tambah Kreatif

5. Menjaga Kepadatan Tulang

Manfaat lain dari berjalan 10.000 langkah sehari dapat dirasakan oleh tulang Anda. Selain asupan kalsium yang cukup, kekuatan tulang ditentukan oleh seberapa sering Anda memberikan ‘beban’ pada tulang.

Kegiatan seperti berjalan, melompat, adalah beberapa contoh aktivitas yang dapat memberi tekanan pada tulang dan menjaganya agar tetap kuat. Dengan begitu, Anda terhindar dari osteoporosis.

6. Mencegah Obesitas

Obesitas dapat terjadi ketika aktivitas fisik tidak mengimbangi asupan makanan Anda. Manfaat berjalan 10.000 langkah sehari dapat membantu menjaga berat badan Anda tetap stabil dan terhindar dari kegemukan.

7. Menjaga Tekanan Darah

Gerak tubuh seperti berjalan 10.000 langkah sehari dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal. Dengan begitu, kegiatan ini juga membantu mencegah penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi).

Artikel Lainnya: Jalan Kaki, Olahraga Sederhana yang Bikin Panjang Umur

8. Membantu Mencegah Penyakit Diabetes

Olahraga mampu menstabilkan gula darah. Selain itu, bagi penderita berat badan berlebih, menurunkan berat badan 10 persen saja cukup untuk mencegah risiko diabetes.

Mengingat kalori yang terbakar ketika berjalan 10.000 langkah per hari cukup besar, maka kegiatan ini dapat Anda andalkan. Dengan begitu, Anda terhindar dari penyakit diabetes.

9. Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat berjalan 10.000 langkah sehari lainnya adalah membantu meningkatkan konsentrasi Anda. Pasalnya, ketika melakukan kegiatan fisik, aliran darah menuju otak dapat mengalami peningkatan.

10. Meningkatkan Mood

Perasaan rileks dan tenang dapat muncul karena hormon endorfin yang dilepaskan ketika melakukan olah tubuh. Oleh sebab itu, berjalan sejauh enam kilometer sehari dapat membantu Anda untuk feeling good setiap waktu.

Manfaat jalan 10.000 langkah sehari ternyata sungguh banyak, ya. Walaupun sifatnya sangat sederhana, kegiatan ini sangat baik dilakukan demi kesehatan dan kebugaran tubuh. Oleh sebab itu, tunggu apalagi, segera mulai 10.000 langkah Anda hari ini!

Untuk informasi kesehatan lainnya, bisa Anda dapatkan dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar