Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupSehat dan Bugar5 Kiat Agar Cantik dan Segar di Bulan Puasa
Sehat dan Bugar

5 Kiat Agar Cantik dan Segar di Bulan Puasa

Tim Redaksi KlikDokter, 16 Jun 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Berpuasa tak berarti harus tampak lemas setiap saat. Ikuti kiat ini agar tetap cantik dan segar di bulan Ramadan.

5 Kiat Agar Cantik dan Segar di Bulan Puasa

Berpuasa seharian tentu merupakan tantangan tersendiri, apalagi saat cuaca sedang panas-panasnya. Wajar jika Anda merasa lemas dan tidak bersemangat. Untuk melangkah keluar rumah saja mungkin butuh perjuangan.

Tapi Anda tak boleh terus-menerus lesu, bukan? Agar tetap cantik dan segar di bulan suci ini, tetaplah perhatikan asupan cairan dan makanan dengan baik. Olahraga juga tak perlu absen, lebih-lebih selama sebulan penuh.

Berikut kiat dan penjelasan lengkap dari kami:

1. Penuhi kebutuhan cairan

Setiap harinya, pria membutuhkan sekitar 2.6 liter cairan dan wanita 2.3 liter cairan. Jumlah ini sebaiknya dikonsumsi di waktu antara berbuka hingga sahur, agar kebutuhan cairan tetap terpenuhi.Bila Anda mengalami dehidrasi, kulit bisa terlihat kering dan kusam. Tak hanya itu, dehidrasi juga bisa menyebabkan pusing, sulit konsentrasi, dan mudah lelah.

2. Konsumsi buah-buahan

Cobalah buah-buahan sebagai menu berbuka. Buah bisa langsung dimakan, dibuat jus, dirujak, dan sebagainya. Selain segar, buah-buahan juga ‘enteng’ bagi sistem pencernaan yang tidak bekerja seharian.Buah-buahan yang banyak mengandung air, seperti semangka, melon, apel, dan lain-lain, juga bisa menjadi sumber cairan yang baik.

3. Sempatkan olahraga

Jangan jadikan puasa sebagai alasan berhenti berolahraga. Aktivitas fisik justru akan membuat tubuh semakin fit dan segar.Olahraga sebaiknya dilakukan 30 menit sebelum berbuka puasa. Hal ini agar setelah berolahraga, Anda bisa langsung minum untuk menggantikan cairan yang hilang lewat keringat.

4. Perhatikan asupan makanan

Saat berbuka puasa, semua makanan akan tampak sangat menggiurkan. Tak jarang ini membuat orang kalap, tak peduli lagi apakah makanan itu sehat atau tidak. Apalagi gorengan biasanya tersaji sebagai hidangan pembuka.Jadi, pilihlah menu berbuka yang bergizi. Makanan-makanan tertentu, seperti kentang rebus atau wortel, membuat Anda kenyang lebih lama sehingga baik dimakan saat berpuasa. Kacang-kacangan juga bisa dicoba agar kulit tampak cantik dan berseri.

5. Lakukan perawatan wajah

Berpuasa dapat membuat kulit rentan kering dan kusam. Oleh karena itu, perawatan wajah harus tetap diperhatikan. Misalnya, dengan rutin menggunakan Wardah White Secret Series.

Produk ini terdiri atas pembersih wajah, pelembap wajah dengan SPF, maupun exfoliating lotion. Semuanya didukung oleh Advanced White Specific System, Derma Peptide Technology, dan Dual Action Hydrating Agent, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Pelembap tentunya sangat baik untuk mencegah kulit kering. Tabir surya juga membantu menghindari kerusakan kulit akibat sinar UV.

Nah, sembari menunggu beduk, kenapa tidak luangkan waktu untuk merawat kulit wajah? Demikianlah lima kiat cantik dan segar di bulan puasa. Selamat mencoba, dan semoga ibadah Ramadan Anda selalu lancar!

[RS/ RH]

Kecantikan Kulitbulan puasacantik

Konsultasi Dokter Terkait