Sukses

Ketahui Penyebab Nyeri Tulang Ekor Saat Hamil

Saat hamil ada beragam keluhan yang dirasakan oleh banyak calon ibu. Salah satunya yakni nyeri tulang ekor.

Klikdokter.com, Jakarta Hamil merupakan peristiwa yang dinantikan oleh pasangan suami istri. Namun, tak sedikit ibu hamil yang mengalami beberapa keluhan fisik seperti nyeri tulang ekor. Apa penyebab di balik rasa nyeri tersebut?

Saat hamil, tubuh banyak mengalami perubahan hormon. Salah satunya yakni hormon relaksin yang berfungsi untuk melenturkan ligamen (jaringan antara sendi) untuk memudahkan proses melahirkan.

Hormon tersebut juga dapat menyebabkan tulang panggul atau pelvis ibu hamil menjadi rileks dan meregang. Akibatnya, tulang ekor juga bergerak sehingga terasa nyeri.

Tulang ekor merupakan sendi paling bawah dari tulang belakang. Letaknya tepat di belakang rahim. Ketika seorang wanita hamil, seiring dengan bertumbuhnya janin, rahim juga turut membesar. Akibatnya rahim tersebut dapat menekan tulang ekor sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Salah satu penyebab lain adalah konstipasi atau sulit melakukan buang air besar (BAB). Konstipasi sering dialami oleh ibu hamil, sehingga menyebabkan rasa nyeri pada tulang ekor akibat konstipasi tersebut.

Keluhan nyeri pinggang bawah atau nyeri panggul pada ibu hamil seringkali sebenarnya adalah nyeri tulang ekor. Semua keluhan nyeri tersebut akan berangsur-angsur hilang setelah melahirkan.

Penggunaan obat hanya meredakan rasa nyeri namun tidak akan menyembuhkan nyeri pada tulang ekor. Namun, ada beberapa olahraga peregangan yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri tersebut:

  1. Pose cat-cow

    Pose peregangan ini memberikan kekuatan pada pinggang belakang dan panggul. Terlebih lagi juga dapat meningkatkan mobilitas tulang belakang dan membuang tekanan pada tulang ekor.

  2. Pose standing cat-cow

    Pose ini mirip pose di atas namun dilakukan dengan berdiri. Peregangan ini menggerakan tulang belakang secara berbeda dan lebih mudah bergerak dan meregangkan tulang tersebut.

  3. Pose downward-facing dog

    Peregangan pose ini membantu meregangkan dan menguatkan pinggang belakang, bagian belakang kaki Anda dan memanjangkan tulang belakang.

  4. Pose bridge

    Pose ini meregangkan panggul dan menguatkan pinggang belakang, perut dan bokong Anda. Sehingga dapat meredakan nyeri panggul dan pinggang belakang.

  5. Pose child

    Pose ini sangat baik untuk peregangan punggung dan panggul. Sehingga dapat meredakan nyeri di setiap bagian dari tulang belakang termasuk pinggang belakang dan panggul.

Keluhan nyeri tulang ekor atau bagian lainnya memang sering terjadi saat seorang wanita hamil. Dengan melakukan gerakan-gerakan olahraga di atas dapat meredakan gejala nyeri pada tulang ekor Anda. Selamat mencoba.

[DA/ RVS]

1 Komentar