Sukses

Baca Ini Sebelum Membeli Sunglasses

Jangan sembarangan memilih sunglasses bila ingin kesehatan mata tetap terjaga.

Klikdokter.com, Jakarta Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan mata, salah satunya dengan memakai kacamata hitam atau sunglasses yang tepat. Tapi jangan hanya mementingkan faktor estetis saja. Faktor kesehatan juga perlu diperhatikan.

Namun, sayangnya masih banyak orang yang keliru dalam memilih sunglasses. Berikut ini kiat tepat dalam memilih sunglasses yang sehat untuk mata Anda:

  1. Jaminan perlindungan terhadap UV

    Sunglasses yang baik harus melindungi kesehatan mata dari paparan sinar ultraviolet (UV), baik UVA maupun UVB. Keduanya, tanpa disadari, berpotensi merusak penglihatan Anda. Bahkan, saat sedang berjalan kaki di sekitar rumah, sinar UV dapat menjadi ancaman.

    Karena itu, syarat utama dalam memilih sunglasses yaitu harus 100 persen melindungi mata dari sinar UV. Pada umumnya, gerai kacatama berlisensi memiliki cukup banyak variasi sunglasses yang menjamin kebutuhan tersebut.
  2. Tingkat kegelapan dan warna lensa kacamata

    Hitam, coklat, jingga, hingga biru. Siapa yang menyangka ternyata masing- masing wana memiliki efek perlindungan yang berbeda terhadap mata?

    Banyak orang mengira, semakin gelap sunglasses, semakin baik pula fungsi proteksinya. Namun ternyata anggapan tersebut tidak tepat. Sunglasses memang dituntut memiliki kegelapan setidaknya 75 persen untuk menghalangi sinar yang masuk. Namun bila lebih dari itu, yang terjadi adalah efek sebaliknya.

    Lensa sunglasses yang terlalu gelap akan membuat pupil, celah kecil di tengah mata menjadi lebih lebar. Hal ini merupakan proses alami agar mata tetap dapat melihat dengan jumlah cahaya masuk yang cukup.

    Sayangnya, semakin lebar pupil, semakin banyak pula sinar biru dari matahari yang masuk ke mata. Paparan sinar biru berkepanjangan dapat menjadi ancaman karena akan merusak sel-sel saraf di mata.

    Untuk menghindari paparan sinar biru dari matahari, pilih lensa yang berwarna jingga atau kuning. Kedua warna ini berfungsi sebagai penyaring sinar biru tersebut. Sedangkan warna biru dan ungu adalah yang paling buruk dalam menangkal sinar biru dari matahari.
  3. Ukuran kacamata

    Saat memilih sunglasses, Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran kacamata. Pasalnya, kulit di daerah sekitar mata tergolong sangat tipis dan sensitif dibandingkan dengan area lain di tubuh. Area tersebut sangat berisiko terkena kanker kulit bila banyak terpapar sinar UV.

    Karena itu, Anda perlu memastikan bahwa kulit di sekitar mata terlindungi dengan memilih kacamata yang cukup besar. Pilih yang setidaknya menutupi kelopak atas dan bawah mata.
  4. Polarisasi lensa

    Mengenakan sunglasses bukan berarti mata otomatis terlindungi dari pantulan cahaya atau glare di cermin atau perairan. Faktanya, pantulan cahaya ini sama bahayanya dengan melihat matahari langsung.

    Pantulan cahaya ini dapat menurunkan ketajaman pengelihatan, mengganggu pandangan, dan menyebabkan kebutaan sementara. Untuk menghindarinya, pilih sunglasses yang dilengkapi polarisasi atau antiglare, sehingga terhindar dari pantulan cahaya tersebut.

Anda kini baru sadar, kan, betapa penting sunglasses untuk kesehatan mata? Tidak ada kata terlambat. Sebelum berangkat menuju destinasi liburan, Anda perlu memastikan bahwa mata sudah terlindung oleh sunglasses yang tepat.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar