Sukses

Anak Oki Setiana Dewi Kena Campak, Apakah Akibat Antivaksin?

Dua anak Oki Setiana Dewi baru saja mengalami campak. Mungkinkah disebabkan oleh sikap antivaksin?

Klikdokter.com, Jakarta Melalui akun instagramnya, Oki Setiana Dewi memohon doa untuk kedua buah hatinya yang baru dirawat di rumah sakit akibat campak. Meski tak sering menyerukan secara tegas, ibu dua anak ini dikenal memilih sikap antivaksin.

Tak hanya Oki Setiana Dewi, banyak selebriti dunia yang juga memilih sikap antivaksin. Sebut saja komedian, Jim Carrey, dan model majalah dewasa, Jenny McCarthy.

Di Indonesia, kisruh masalah vaksin ini pun masih terjadi hingga saat ini. Salah satu alasannya adalah karena vaksin tidak sepenuhnya halal.

Padahal, Sekretaris Ikatan Dokter Anak Indonesia, dr. Piprim Basarah Yuniarso, SpA(K), menegaskan bahwa vaksinasi adalah hal yang halal, bahkan wajib untuk dilakukan. Melalui seminar yang diadakan oleh Rumah Vaksinasi beberapa waktu lalu, dr. Piprim menjelaskan bahwa vaksin adalah obat yang tidak dibuat secara sembarangan.

“Jangan disangka vaksin dibuat seperti puyer, semua obat ditumbuk jadi satu, kemudian diminum. Pembuatan vaksin melewati proses yang panjang. Enzim tripsin dari babi terlibat memang dalam salah satu prosesnya. Tetapi pada vaksin yang sudah jadi, enzim tersebut sudah tidak ditemukan lagi”, tutur dr. Piprim.

Manfaat vaksin pun tak perlu diragukan lagi. Berbagai penelitian di Indonesia dan luar negeri telah membuktikan bahwa vaksin mampu mencegah kejadian penyakit infeksi hingga 95%. Sebut saja penyakit campak, hepatitis B, polio, difteri, campak jerman, dan sebagainya.

Di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Kanada, vaksinasi lengkap justru menjadi syarat agar anak bisa mendaftar sekolah. Oleh karena itu, penyakit infeksi seperti campak, difteri, polio tak ditemukan lagi di negara tersebut.

Ingatlah bahwa sikap antivaksin tidaklah menguntungkan pihak mana pun. Hal ini justru membuat anak berisiko tertular berbagai penyakit infeksi, yang sebenarnya bisa dicegah dengan vaksin sejak dini.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar