Sukses

5 Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Donor Darah

Donor darah tidak boleh dilakukan sembarangan. Anda perlu persiapan yang matang.

Klikdokter.com, Jakarta Dahulu, donor darah belum umum dikenal untuk dilakukan secara massal dan sukarela. Namun kini, seiring dengan meningkatnya pemahaman akan kesehatan, donor darah menjadi kegiatan yang kian digemari.

Donor darah tidak hanya bermanfaat bagi yang membutuhkan, tapi juga bagi sang pendonor. Manfaat tersebut di antaranya, menurunkan risiko kerusakan hati dan pankreas, meningkatkan kesehatan jantung, dan membantu mengurangi obesitas.

Namun, agar benar-benar mendatangkan manfaat tersebut, Anda perlu melakukan persiapan sebagai berikut sebelum melakukan donor darah:

  1. Sehat jasmani

    Untuk bisa menjadi donor darah, Anda harus berusia 17–60 tahun dengan berat badan minimal 45 kg.

    Anda pun harus dalam keadaan sehat, tidak sedang demam. Selain itu, Anda juga diharuskan memiliki tanda vital (tekanan darah dan nadi) yang ada dalam batas normal.

  2. Makan dan minum

    Hindari donor darah dalam keadaan perut kosong. Mulailah dengan makan teratur, beberapa hari sebelum hari pendonoran. Ini bertujuan agar kadar gula darah Anda stabil.

    Perbanyak konsumsi makanan tinggi zat besi seperti daging merah, ikan, ayam, dan bayam untuk menjaga kadar sehat besi dalam darah. Perbanyak juga asupan cairan sebelum hari pendonoran.

  3. Hindari aktivitas fisik berat

    Hindari beraktivitas terlalu berat sebelum hari pendonoran, seperti olahraga angkat beban. Anda bisa berolahraga ringan seperti jalan santai, namun pastikan kondisi tubuh kembali bugar menjelang hari pendonoran.

  4. Tidur cukup

    Anda sangat direkomendasikan untuk tidur cukup, selama 7–9 jam di malam sebelum hari pendonoran. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu Anda merasa lebih segar, dan mengurangi risiko lemas atau pusing setelah selesai donor darah.

  5. Pakaian yang nyaman

    Proses donor darah cukup memakan waktu. Karena itu, Anda dianjurkan untuk mengenakan pakaian yang nyaman. Gunakanlah pakaian lengan pendek atau longgar, dan bisa digulung hingga di atas siku. Ini agar petugas dapat mengakses pembuluh darah Anda dengan mudah.

Selain yang sudah disebutkan, Anda juga berkewajiban untuk memilih layanan donor darah yang resmi dan terjamin. Pastikan pula proses donor darah dilakukan oleh petugas yang kompeten. Jangan ragu untuk menanyakan hal-hal yang ingin Anda ketahui pada petugas tersebut.

Donor darah merupakan pengalaman yang menyenangkan sekaligus menyehatkan, dan dapat dilakukan secara rutin. Selamat mendonorkan darah!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar