Sukses

Cara Menebalkan Alis Alami seperti Selebriti

Tak sedikit orang yang ingin memiliki alis tebal bak selebriti idolanya. Anda salah satunya? Jika ya, ini cara menebalkan alis alami yang bisa Anda lakukan.

Banyak wanita yang belajar cara membuat alis tebal seperti Cara Delevingne atau Lily Collins. Pasalnya, mereka memiliki alis tebal dan indah tanpa bantuan riasan wajah, apalagi operasi bedah.

Tidak dimungkiri, alis tebal dan indah memang bisa menambah rasa percaya diri wanita yang memilikinya. Karena itu, tidak sedikit wanita yang menggantungkan harapannya pada pensil alis, pomade, bahkan sulam alis sebagai cara cantik seperti artis.

Sayangnya, cara-cara tersebut tergolong tidak alami, cenderung merepotkan, serta membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Lantas, adakah cara alami agar alis tebal dan terlihat memesona?

Artikel Lainnya: Suka Mencabut Alis? Ini 4 Bahayanya

1 dari 2 halaman

Cara Menebalkan Alis Secara Alami

Berikut ini adalah beberapa cara menebalkan alis alami yang bisa Anda coba sendiri:

  1. Hindari Cukur Alis

Tidak sedikit wanita yang mencukur alis secara berlebihan sebagai salah satu cara membuat alis tebal dan mudah diatur. Padahal dengan mencukurnya, rambut baru yang tumbuh malah tidak beraturan. 

Karena itu, sebaiknya tahan keinginan Anda untuk sedikit-sedikit mencabut atau mencukur alis secara berlebihan. Jika memang Anda ingin merapikan alis tebal tanpa cukur pada rambut-rambut kecil yang ‘keluar jalur’, cukup samarkan dengan menggunakan concealer

  1. Minyak Castor 

Minyak castor kaya akan vitamin E, asam lemak esensial, dan nutrisi lain yang dapat membantu pertumbuhan alis menjadi lebih lebat.

Untuk efek yang optimal, oleskan minyak ini ke alis menggunakan cotton bud atau gagang maskara yang telah dibersihkan. Pijat selama 1–2 menit, dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan bersihkan dengan pembersih wajah yang lembut. Lakukan ini sekali sehari, sebelum tidur.

  1. Susu

Nutrisi yang terkandung dalam susu juga dapat membuat alis tebal dan indah. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda perlu mencelupkan ujung cotton bud ke dalam susu dan oleskan ke alis selama 10–15 detik. 

Setelah dioles, diamkan selama 10 menit. Setelah itu, basuh wajah Anda dengan air hangat dan pembersih wajah yang lembut. Anda dapat melakukan perawatan ini 2 kali sehari.

Artikel Lainnya: Kiat Memperbaiki Alis Rontok

  1. Diet Lengkap dan Seimbang

Lengkapi asupan nutrisi untuk tubuh dengan vitamin A, B, C, E, zat besi, dan protein. Zat gizi ini bisa Anda dapatkan dari sayuran hijau dan merah, daging, ikan, ayam, susu, roti gandum, sereal, serta kacang-kacangan. 

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa telah lama digunakan untuk memasak dan juga sebagai suplemen kesehatan. Ternyata, minyak ini juga bisa digunakan untuk menyehatkan dan merangsang pertumbuhan alis, lho!

Anda dapat menggunakan minyak ini setiap malam dengan mengaplikasikannya menggunakan cotton bud. Jangan lupa juga untuk memijat kedua alis setelah diolesi minyak. Diamkan semalaman, dan cuci bersih saat pagi hari. 

  1. Minyak Daun Teh

Banyak yang mengenal minyak daun teh atau tea tree oil ini perawatan untuk jerawat saja. Padahal, tea tree oil juga dapat digunakan sebagai cara menebalkan alis alami dengan merangsang pertumbuhannya. 

Pasalnya, minyak ini dapat menghindari penyumbatan pada kelenjar rambut dan mengangkat sel kulit mati agar rambut alis dapat tumbuh dengan sehat.

  1. Minyak Lavender

Cara alami agar alis lebat adalah dengan menggunakan minyak lavender. Minyak ini memang lebih dikenal sebagai efek yang dapat menenangkan pikiran. Tapi, ketika dioleskan ke alis, minyak lavender juga dapat mencegah kerontokan rambut. 

Sayangnya, lavender dapat menimbulkan alergi pada beberapa orang yang sensitif. Oleh sebab itu, Anda harus mengujinya terlebih dahulu pada sebagian kecil kulit untuk melihat ada/tidaknya reaksi alergi yang timbul. 

Artikel Lainnya: Benarkah Mencukur Bulu Justru Bikin Tambah Lebat?

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin A dan E yang dapat membantu pertumbuhan rambut. Vitamin A dapat mengontrol produksi sebum atau minyak alami dari tubuh, agar membantu pertumbuhan rambut alis. Sedangkan vitamin E akan memberi nutrisi pada setiap helai rambutnya. 

Selain itu, pada penelitian yang dilakukan terhadap hewan, kandungan senyawa fenolik pada zaitun juga berperan dalam membantu pertumbuhan rambut. 

  1. Lidah Buaya

Cara cantik agar seperti artis berikutnya adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Tanaman ini mengandung senyawa aloenin, yang dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan juga mencegahnya dari kerusakan. 

Lidah buaya dapat Anda gunakan sebagai cara alami agar alis tebal secara permanen, dengan mengoleskannya setiap malam secara rutin dan teratur.

  1. Kuning Telur

Cara membuat alis tebal lainnya juga dapat dilakukan dengan menggunakan kuning telur. Selain kandungan proteinnya yang tinggi, kuning telur juga menjadi sumber asupan biotin. 

Biotin termasuk dalam vitamin B kompleks yang dipercaya bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. Anda dapat menggunakannya 2 kali seminggu untuk mendapatkan pertumbuhan rambut yang lebih cepat. 

Sekarang Anda sudah tahu cara membuat alis tebal dan indah secara alami seperti selebriti, bukan? Lakukan cara-cara di atas dengan saksama, agar hasilnya benar-benar sesuai harapan. 

Jika Anda menemukan kendala dalam menerapkan cara alami agar alis tebal seperti yang telah dijelaskan, jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB)

1 Komentar

  • Miftahul Fiqri

    maaf saya mau nanya dok, sebenarnya ini permasalahan tentang adik saya, dia main plaster dan tak sengaja dia meletakan di jidat dan alisnya terkena pelester dan akhirnya sebagian alisnya hilang, untuk menumbuhkan alisnya seperti semula bagimana ?