Sukses

Cara Menebalkan Alis Alami seperti Selebriti

Terdapat sebagian orang yang ingin memiliki alis tebal seperti artis idolanya. Anda salah satunya? Jika ya, berikut cara membuat alis tebal secara alami yang bisa dicoba.

Banyak wanita yang belajar cara membuat alis tebal, seperti Cara Delevingne atau Lily Collins. Pasalnya, mereka memiliki alis tebal dan indah tanpa bantuan riasan wajah, apalagi operasi bedah.

Tidak dimungkiri, alis tebal dan indah memang bisa menambah rasa percaya diri. Karena itu, tidak sedikit wanita yang menggantungkan harapannya pada pensil alis, pomade, bahkan sulam alis sebagai cara cantik seperti artis.

Sayangnya, cara-cara tersebut tergolong tidak alami, cenderung merepotkan, serta membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Lantas, adakah cara alami agar alis tebal dan terlihat memesona?

Artikel Lainnya: Teknik Brow Pinching Bisa Bikin Awet Muda, Benarkah?

Berikut ini adalah beberapa cara agar alis tebal alami bisa Anda praktikan sendiri:

1 dari 13 halaman

1. Hindari Cukur Alis

Tidak sedikit wanita yang mencukur alis secara berlebihan. Sebagian dari mereka berharap tindakan tersebut bisa membuat alis tebal dan mudah diatur. 

Padahal, dengan mencukurnya, rambut baru yang tumbuh malah lebih sulit untuk diatur. 

Oleh sebab itu, sebaiknya tahan keinginan Anda untuk sedikit-sedikit mencabut atau mencukur alis. Jika memang Anda ingin merapikan alis tanpa mencukur rambut kecil yang ‘keluar jalur’, cukup samarkan dengan menggunakan concealer

2 dari 13 halaman

2. Minyak Castor

Minyak castor kaya akan vitamin E, asam lemak esensial, dan nutrisi lain yang dapat membantu pertumbuhan alis menjadi lebih lebat.

Untuk efek yang optimal, oleskan minyak ini ke alis menggunakan cotton bud atau gagang maskara yang telah dibersihkan. 

Pijat selama 1–2 menit, dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan bersihkan menggunakan pembersih wajah yang lembut. 

Lakukan rutinitas tersebut sekali sehari, sebelum tidur.

3 dari 13 halaman

3. Susu

Nutrisi yang terkandung dalam susu juga dapat membuat alis tebal dan indah. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda perlu mencelupkan ujung cotton bud ke dalam susu dan oleskan ke alis selama 10–15 detik. 

Setelah dioles, diamkan selama 10 menit. Lalu, basuh wajah Anda dengan air hangat dan pembersih yang lembut. Anda dapat melakukan perawatan ini 2 kali sehari.

4 dari 13 halaman

4. Diet Lengkap dan Seimbang

Lengkapi asupan nutrisi untuk tubuh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, B, C, E, zat besi, dan protein. 

Zat gizi tersebut bisa Anda dapatkan dari sayuran hijau, daging, ikan, ayam, susu, roti gandum, sereal, serta kacang-kacangan. 

Artikel Lainnya: Ampuhkah Minyak Jarak untuk Memanjangkan Bulu Mata?

5 dari 13 halaman

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa telah lama digunakan untuk memasak. Selain itu, minyak ini juga bisa digunakan untuk menyehatkan dan merangsang pertumbuhan alis, lho!

Anda dapat mengaplikasikan minyak kelapa ke bagian alis yang dikehendaki menggunakan cotton bud. Jangan lupa juga untuk memijat kedua alis setelah diolesi minyak. Diamkan semalaman, dan cuci bersih saat pagi hari. 

6 dari 13 halaman

6. Minyak Daun Teh

Selain untuk mengatasi jerawat, tea tree oil ternyata juga dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan alis.

Minyak ini dapat mencegah penyumbatan pada kelenjar rambut dan mengangkat sel kulit mati. Dengan demikian, rambut alis dapat tumbuh dengan sehat.

7 dari 13 halaman

7. Minyak Lavender

Minyak lavender memiliki efek yang menenangkan pikiran. Namun, ketika dioleskan ke alis, minyak esensial ini juga dapat menurunkan risiko rambut rontok, lho

Meski begitu, Anda harus berhati-hati saat menggunakan minyak lavender. Sebab, jenis minyak ini dapat mencetuskan reaksi alergi pada beberapa orang yang sensitif. 

Oleh sebab itu, pastikan untuk mengujinya terlebih dahulu dengan mengoleskannya di sebagian kecil kulit. Apabila tak ada reaksi alergi yang muncul, tak ada salahnya untuk mencoba mengoleskannya di alis Anda.

8 dari 13 halaman

8. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin A dan E yang dapat membantu pertumbuhan rambut. Vitamin A dapat mengontrol produksi sebum atau minyak alami dari tubuh, agar membantu pertumbuhan rambut alis. Sedangkan vitamin E akan memberi nutrisi pada setiap helai rambutnya. 

Selain itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap hewan, kandungan senyawa fenolik pada zaitun diketahui juga dapat membantu pertumbuhan rambut. 

Artikel Lainnya: Kenali Penyebab Ketombe Alis dan Cara Mengatasinya!

9 dari 13 halaman

9. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung senyawa aloin, yang dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegahnya dari kerusakan. 

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mengoleskan lidah buaya ke bagian alis setiap malam hari secara rutin. Bilas dengan air mengalir saat pagi hari.

10 dari 13 halaman

10. Kuning Telur

Cara membuat alis tebal juga dapat dilakukan dengan menggunakan kuning telur. Selain kandungan proteinnya yang tinggi, bagian telur ini juga menjadi sumber biotin. 

Faktanya, biotin termasuk dalam vitamin B kompleks yang dipercaya bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. 

11 dari 13 halaman

11. Pemijatan

Pemijatan pada alis dipercaya dapat menstimulasi pertumbuhan rambut pada bagian tersebut. 

Hal ini berkaitan dengan temuan yang menyebut bahwa pemijatan kulit kepala dapat meningkatkan ketebalan rambut. Sayangnya, temuan ini masih bersifat dugaan alis belum terbukti. 

Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba memijat daerah alis untuk memperlancar sirkulasi darah di bagian tersebut. Siapa tahu, pertumbuhan rambut ikut terstimulasi. 

Hal yang penting, hindari pemijatan berlebihan, karena malah dapat menyebabkan efek samping merugikan.

12 dari 13 halaman

12. Lakukan Perawatan pada Alis

Rawat alis Anda dengan cara yang benar, misalnya:

  • Hindari menekan alis terlalu kuat menggunakan pensil alis 
  • Sikatlah alis secara perlahan menggunakan sikat khusus
  • Hindari mencabut bulu alis terlalu sering

Sekarang Anda sudah tahu cara membuat alis tebal dan indah secara alami seperti selebriti, bukan? Lakukan cara-cara di atas dengan saksama, agar hasilnya sesuai harapan. 

Agar tidak salah langkah dalam menerapkan cara melebatkan alis, Anda pun bisa meminta saran dan bantuan dari dokter dengan berkonsultasi lebih lanjut melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

1 Komentar

  • Mif******Fiqri

    maaf saya mau nanya dok, sebenarnya ini permasalahan tentang adik saya, dia main plaster dan tak sengaja dia meletakan di jidat dan alisnya terkena pelester dan akhirnya sebagian alisnya hilang, untuk menumbuhkan alisnya seperti semula bagimana ?