Sukses

Tenggorokan Gatal, Apa yang Salah?

Tenggorokan gatal bisa menjadi sinyal bahwa ada yang salah dengan kesehatan Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Tenggorokan gatal tentunya sangat mengganggu aktivitas Anda. Kendati bukan keluhan yang dapat mengancam nyawa, Anda tetap perlu mengetahui penyebab tenggorokan gatal.

Ada beragam penyebab tenggorokan gatal, yaitu:

  1. Alergi

    Alergi merupakan penyebab tenggorokan gatal yang paling sering. Alergi yang dimaksudkan adalah alergi makanan, obat, dingin, debu, tungau, dan asap rokok.

    Namun manifestasi alergi tidak selalu gatal pada tenggorokan melainkan bersin-bersin, gatal di hidung, pilek, dan sesak nafas.

  2. Radang

    Batuk pilek biasanya terjadi akibat radang tenggorokan. Proses peradangan yang terjadi di saluran nafas bagian atas inilah yang menyebabkan keluhan gatal pada tenggorokan. Kondisi ini biasanya disebabkan infeksi bakteri atau virus.

  3. Dehidrasi

    Kurang minum menyebabkan tenggorokan menjadi kering sehingga akan terasa gatal.

  4. GERD

    GERD merupakan penyakit dengan kondisi asam lambung naik ke tenggorokan. Asam lambung yang naik ini ini membuat tenggorokan menjadi gatal.

  5. Penumpukan dahak

    Anda sedang mengalami batuk berdahak yang sulit keluar? Jika ya, hal ini dapat menyebabkan keluhan gatal pada tenggorokan.

Lantas bagaimana cara untuk mencegah dan mengatasi tenggorokan gatal? Anda dapat melakukan beberapa cara sederhana, seperti mengonsumsi banyak air putih, menghindari minuman berkafein dan beralkohol, dan menghentikan kebiasaan merokok.

Selain itu, Anda juga sebaiknya menggunakan masker jika berada di tempat berdebu. Begitu juga saat berada dalam satu ruangan dengan orang yang sakit batuk dan pilek.

Anda pun perlu memperhatikan asupan makanan. Hindari makan satu jam sebelum tidur dan mengonsumsi makanan yang memicu peningkatan asam lambung –seperti tomat, jeruk, serta makanan pedas dan berlemak.

Bagaimana? Tidak sulit kan mengatasi tenggorokan gatal. Namun jika keluhan ini tak kunjung sembuh dan disertai keluhan lain –seperti nyeri menelan, batuk berkepanjangan, sesak nafas, demam tinggi, dan ngilu pada sendi, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

[BA/ RH]

1 Komentar