Sukses

4 Bahaya Cabut Bulu Hidung

Anda memiliki kebiasaan mencabut bulu hidung? Waspada, dampaknya sangat berbahaya bagi kesehatan.

Salah satu tugas utama bulu hidung adalah menyaring udara yang masuk ke dalam tubuh.

Bulu halus yang terdiri dari vibrissae dan mikroskopik silia ini berperan dalam menyaring lendir serta kotoran berbahaya agar tidak masuk ke dalam saluran pernapasan.

Meski fungsinya sangat penting, terkadang bulu hidung bisa mengganggu penampilan, apalagi bila tumbuh terlalu panjang.

Hal tersebut membuat beberapa orang ‘tergoda’ untuk mencabut bulu hidung dengan menggunakan tangan. Padahal ada bahaya yang mengintai saat Anda melakukannya.

Apa saja bahaya mencabut bulu hidung? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Infeksi Saluran Pernapasan

Saat mencabut bulu hidung menggunakan tangan yang belum dibersihkan, Anda dapat memicu masuknya bakteri dan kuman ke dalam folikel bulu hidung yang sudah terbuka.

Akibatnya, bisa timbul infeksi yang dapat menjalar ke dalam saluran pernapasan, khususnya jika infeksi tidak segera ditindaklanjuti.

  1. Infeksi Otak

Area sekitar mulut dan hidung disebut area rawan, karena berhubungan langsung ke dalam otak. Di dalam area ini, pembuluh darah balik (vena) akan bercampur darah dari hidung dan otak.

Jika Anda mencabut bulu hidung, luka yang terjadi dapat membuat bakteri masuk ke otak melalui pembuluh darah balik tersebut. Hal ini bisa menyebabkan gumpalan di sinus kavernosus.

Risiko persentase infeksi yang menyebar ke dalam otak akan meningkat berkali-kali lipat jika Anda adalah orang dengan sistem imunitas yang rendah.

  1. Mimisan

Mencabut bulu hidung dengan paksa dapat mengenai pembuluh darah yang ukurannya sangat kecil di dalam hidung.

Hal ini bisa memicu perdarahan di dalam hidung yang berakibat pada mimisan.

  1. Jerawat

Saat mencabut bulu hidung dengan menggunakan tangan yang sebelumnya tidak dibersihkan, Anda dapat memicu jerawat akibat bakteri yang menginfeksi folikel bulu hidung yang tercabut.

Ingin merapikan bulu hidung yang mulai mengganggu? Sebaiknya gunakan gunting kecil yang didesain khusus untuk memotong bulu hidung. Pastikan juga kebersihannya.

Jadi, mulai sekarang jangan mencabut bulu hidung dengan tangan langsung, ya!

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar